oleh

Benarkah Berbohong Pengaruhi Kondisi Kesehatan?

Kabar6-Dengan beragam alasan, setiap orang tentu pernah berbohong. Beberapa penelitan di Amerika Serikat menunjukkan, berbohong bisa memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh.

Mengapa demikian? Melansir bettyconfidential, kebohongan yang sering dilakukan hanya akan memicu kebohongan lain untuk menutupinya, dan begitu seterusnya. Efek kesehatan dari berbohong mungkin tidak begitu serius, tapi seiring berjalannya waktu berbohong akan menyebabkan beberapa kondisi kesehatan yang merugikan. “Tekanan darah akan meningkat dalam hati ketika berbohong, dan inilah yang dapat mengancam hidup Anda dalam jangka waktu lama,” kata Dr Smith.

Semakin sering berbohong akan semakin besar pula peluang mendapatkan beberapa penyakit. Mereka yang kerap berbohong atau menyimpan rahasia besar selama bertahun-tahun mungkin tidak merasakan gangguan apapun. Namun seiring waktu, mereka secara signifikan lebih berisiko pada kondisi kesehatan yang buruk.

Berbohong akan membuat tubuh melepas hormon stres, dan adrenalin pun terkadang juga akan meningkat. Peningkatan inilah yang akan menyebabkan denyut jantung dan pernapasan ikut meningkat dan akhirnya akan memicu beberapa penyakit lain yang berawal dari stres. ** Baca juga: Bagaimana Gejala Awal Mid-life Crisis pada Wanita?

Jujur memang lebih sehat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru