oleh

Menurut Majalah Forbes, Ada 10 Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak

Kabar6-Meskipun banyak warga kota yang hidup di bawah garis kemiskinan atau kurang sejahtera, tidak sedikit pula yang berlimpah harta, dengan gaya hidup yang mengundang decak kagum.

Kota mana saja sih yang memiliki jumlah miliarder terbanyak? Menurut Majalah Forbes, melansir beritaunik, berikut 10 kota yang dimaksud:

1. New York
Jumlah miliarder yang dimiliki sebanyak 60 orang, dengan miliarder terkaya bernama Michael Bloomberg (US$18 miliar). Sementara miliarder lainnya adalah Ralph Lauren, Carl Icahn, Rupert Murdoch, Donald Trump, dan Mortimer Zuckerman.

Kota ini memang bergelimang sosok miliarder yang bergerak di berbagai sektor bisnis. New York berpredikat sebagai kota berbiaya hidup supermahal. Bayangkan saja, biaya potong rambut langganan selebriti Sally Hershberger saja mencapai US$800, atau makan malam restoran mewah yang mencapai US$550.

2. Moskow, Rusia
Jumlah miliarder ada 50 orang, dengan miliarder terkaya adalah Vladimir Lisin (US$15,8 miliar). Miliarder lainnya adalah Roman Abramovich, Alisher Usmanov, Oleg Deripaska.

Jumlah miliarder meningkat pesat jika dibandingkan pada 2002 hanya lima milioner. Kekayaan mayoritas terbangun berkat permainan bisnis di sektor minyak dan logam. Jika dibandingkan dengan kota lain yang dihuni banyak milioner, Moskow tergolong kota dengan biaya hidup rendah.

3. London, Inggris
Jumlah miliarder sebanyak 32 orang. Milioner terkaya adalah Lakshmi Mittal (US$28,7 miliar). Miliarder lainnya adalah Richard Branson, Leonard Blavatnik, Alan Howard

Jumlah milioner di kota itu juga terus meningkat berkat sokongan nilai tukar Poundsterling yang kuat dan stabil. Kondisi itu juga membuat London dikenal memiliki biaya hidup yang supertinggi dibandingkan negara Eropa lainnya.

4. Istanbul, Turki
Jumlah miliarder sebanyak 28 orang, dengan miliarder terkaya adalah Husnu Ozyegin (US$3 miliar). Miliarder lainnya antara lain Mehmet Emin Karamehmet, Sarik Tara, Ferit Sahenk

Kecantikan kota ini memang menjadi daya tarik wisatawan asing, sekaligus ladang bisnis kaum miliarder. Namun, tak semua bergerak di sektor wisata. Banyak yang mendalami bisnis di sektor teknologi telepon selular dan perbankan. Dengan taraf hidup tinggi, seorang pembantu rumah tangga di kota ini bisa mendapat imbalan jasa US$50 per hari.

5. Los Angeles, California
Jumlah miliarder sebanyak 27 orang, dan miliarder terkaya bernama : Eli Broad (US$5,7 miliar). Miliarder lainnya seperti Steven Spielberg, Sumner Redstone, Michael Milken, Ron Burkle

Banyak dari pengusaha superkaya itu meraup untung dari industri hiburan seperti perfilman Hollywood. Bisnis otomotif dan pariwisata juga memegang peran penting.

6. Hong Kong
Jumlah miliarder adalah 25 orang, dan miliarder terkaya bernama Li Ka-shing (US$21 miliar). Miliarder lainnya antara lain Lee Shau Kee, keluarga Kwok, Robert Kuok, Cheng Yu-tung

Kota bekas koloni Inggris ini menampung jumlah miliarder terbanyak dibandingkan kota-kota besar lain di Asia. Miliarder terkaya di kota itu menguasai ladang bisnis di sektor telekomunikasi.

7. Mumbai, India
Jumlah miliarder sebanyak 20 orang, dengan miliarder terkaya adalah Mukesh Ambani (US$29 miliar). Miliarder lainnya adalah Anil Ambani, Shashi & Ravi Ruia, Kumar Birla, Pallonji Mistry

Kota ini menjadi pusat bisnis dan kebudayaan di India. Mumbai punya daya tarik tersendiri sebagai pusat industri film dan televisi yang dijuluki Bollywood. Sebagai pusat dagang, banyak kantor pusat perusahaan besar India bermarkas di kota ini.

8. Dallas, Texas
Jumlah miliarder adalah 17 orang, dan miliarder terkaya bernama Andrew Beal (US$4,5 miliar). Miliarder lainnya antara lain Henry Ross Perot Sr., Jerral Jones, T. Boone Pickens, Mark Cuban

Kekayaan sejumlah pengusaha superkaya di kota ini disokong sektor perminyakan. Kota ini dikenal memiliki sejumlah ladang minyak dengan sumur-sumur dangkal. Namun, ada pula yang menangguk sukses melalui bisnis teknologi dan kuliner.

9. San Fransisco, California
Jumlah miliarder sebanyak 14 orang, dengan miliarder terkaya adalah Larry Page (US$17,5 miliar). Miliarder lainnya adalah George Roberts, Ray Dolby, Gordon Getty

Orang superkaya mulai tumbuh di kota ini sejak memasuki era internet. Termasuk orang terkaya di sana yang merupakan pendiri Google. Pendiri PayPal dan sejumlah petinggi Facebook juga bermukim di sana.

10. Tokyo, Jepang
Jumlah miliarder adalah 14 orang, dengan miliarder terkaya bernama Tadashi Yanai (US$7,6 miliar). Miliarder lainnya adalah Nobutada Saji, Akira Mori, Masayoshi Son, Hiroshi Mikitani.

Pada 1987, kota ini sempat menjadi hunian pria kaya di dunia yang bergerak di di sektor perumahan, Yoshiaki Tsutsumi. Pada 2002, kota ini pernah bertengger di posisi ke-3 dari jajaran kota yang paling banyak dihuni miliarder. Namun, perlahan posisinya tergeser kota-kota besar lain di dunia. Mayoritas pengusaha bergerak di sektor teknologi. ** Baca juga: Mengapa Percobaan Medis Sering Gunakan Tikus?

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru