oleh

Ada Alasan Kenapa Kita Tidak Bisa Tidur Tanpa Gunakan Selimut

Kabar6-Sebagian orang terbiasa tidur dengan menggunakan selimut, bahkan menjadi suatu keharusan. Hal ini karena mereka akan sulit tidur jika tidur tanpa menggunakan selimut.

“Penurunan suhu tubuh terjadi tepat sebelum kita tidur. Dan suhu ini akan terus turun sepanjang malam. Ini merupakan cara tubuh menghemat energi sehingga bisa dialihkan ke sistem lainnya, misalnya pencernaan,” urai Ellen Wermter, Better Sleep Council.

Selimut, melansir Dreamers, akan menjaga agar suhu tubuh tidak turun terlalu rendah yang dapat membuat kita terbangun karena kedinginan. Dengan begitu, tidur pun akan lebih nyenyak dan proses regenerasi sel dapat berjalan lancar. Namun, pada saat udara panas memakai selimut akan membuat tidur tidak nyenyak, karena dapat membuat panas terperangkap.

Jika penurunan suhu tubuh sebelum tidur merupakan sinyal bagi tubuh untuk tidur, maka sebaliknya suhu yang panas akan membuat otak mengira ini adalah waktunya aktif, bukan istirahat. Memang ada orang yang tetap bisa tidur meski udara panas, namun biasanya tidak akan nyenyak.

“Suhu inti tubuh akan naik dan membuat kita terbangun karena tubuh berusaha mendinginkan suhunya. Ini akan membuat kita terbangun beberapa kali sepanjang malam,” jelas Wermter.

Sayangnya jika kita sudah terbiasa, maka tanpa selimut kita akan merasa ada yang kurang. Tubuh pun sulit untuk rileks dan mengantuk. Penggunaan selimut memang membuat kita merasa nyaman.

Jika kita tidur di ruangan ber-AC, selimut yang relatif tebal akan menghasilkan stimulasi tekanan dalam, yang mengaktifkan sistem saraf dan merangsang hormon tertentu yang membantu tidur nyenyak.

Bila ingin tetap memakai selimut ketika udara panas, kita bisa menyiasatinya yaitu menurunkan suhu tubuh dengan cara mandi sebelum tidur. ** Baca juga: Makan Terburu-buru Bisa Tingkatkan Berbagai Risiko Penyakit

Cara lain adalah memakai selimut tipis atau memakai baju tidur yang tipis sehingga pemakaian selimut tak akan menyebabkan kita kepanasan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru