oleh

Waspada, Kebiasaan Seperti Ini Dapat Turunkan Kecerdasan

Kadar6-Kecerdasan intelektual (intelligence quotient, disingkat IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Namun tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari ternyata ikut andil menurunkan kecerdasan seseorang, lho. Dilansir Lifezap, berikut adalah enam kebiasaan yang dimaksud:

1. Hanya melakukan evaluasi
Untuk memulai sesuatu usaha atau hal tertentu, pertama-tama Anda perlu mengetahui apa yang ingin dibuat, bagaimana cara membuatnya, dan seperti apa rencananya. Setelah usaha atau hal tersebut selesai dibuat, Anda baru dapat mengevaluasinya. Berikanlah waktu bagi usaha atau produk Anda agar berkembang sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

2. Anda mengira bahwa Anda adalah seorang ahli
Mengira bahwa dirinya adalah seorang ahli dalam segala sesuatu dapat membuat seseorang berhenti belajar. Anda tidak akan pernah mau mendengarkan orang lain atau belajar dari pengalaman orang lain.

Hal ini dapat membuat Anda gagal mencapai hal yang diinginkan dan menghambat kesempatan untuk mempelajari suatu hal baru. Cobalah untuk membuka diri terhadap bantuan dari orang lain dan pelajarilah sesuatu hal baru.

3. Merasa takut
Jika selalu merasa takut akan kegagalan, maka Anda tidak akan pernah mencoba suatu hal baru. Kegagalan merupakan hal yang normal terjadi saat Anda baru pertama kali melakukan sesuatu. Namun bila tidak pernah mencoba, Anda pun tidak akan pernah dapat mempelajari suatu hal baru dan menjadi lebih baik.

4. Kurang percaya diri
Rasa kurang percaya diri biasanya timbul bersamaan dengan rasa takut akan gagal. Jika selalu yakin akan gagal dan tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk melakukan sesuatu, maka Anda tidak akan pernah belajar dan bertambah dewasa.

Percaya pada diri sendiri, bahkan di saat melakukan suatu kesalahan akan membuat Anda dapat mempelajari hal baru dan bertumbuh serta menjadi semakin maju. Hal ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih cerdas, yang memiliki banyak pengetahuan dalam berbagai bidang.

5. Menciptakan suatu batasan
Meskipun Anda memang memiliki beberapa batasan dalam kehidupan misalnya dalam hal keuangan atau kemampuan, bila menciptakan suatu batasan palsu pada diri sendiri, maka akan menghambat kecerdasan dan kemampuan Anda untuk mempelajari suatu hal baru, yang tidak hanya dapat menghambat Anda mencoba sesuatu yang baru untuk menjadi lebih baik tetapi juga dapat menghambat kesuksesan.

6. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol dapat menghambat kecerdasan dan kemampuan untuk membuat suatu keputusan. Meskipun sesekali mengonsumsi minuman beralkohol tidak berbahaya, tetap saja dapat membunuh beberapa sel otam, yang dapat membuat Anda sulit mempelajari suatu hal baru. Jadi jangan terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol. ** Baca juga: Begini Kadar Estrogen yang Normal

Yuk, hilangkan enam kebiasaan yang dapat menurunkan kecerdasan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru