oleh

Begini Kadar Estrogen yang Normal

Kabar6-Estrogen adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita. Meskipun terdapat baik dalam tubuh pria maupun wanita, kandungannya jauh lebih tinggi dalam tubuh wanita usia subur.

Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita seperti payudara dan juga terlibat dalam penebalan endometrium maupun dalam pengaturan siklus haid. Pada saat menopause, estrogen mulai berkurang sehingga dapat menimbulkan beberapa efek antara lain hot flash, berkeringat pada waktu tidur, dan kecemasan yang berlebihan.

Jika estrogen tidak berada pada kadar normal, maka Anda dapat mengalami gangguan kesuburan. Pada wanita, estrogen diproduksi di dalam ovarium (indung telur). Pada pria, estrogen dibentuk dari hormon pria yaitu androgen. Kadar estrogen yang sering diukur dan paling dominan dalam tubuh seseorang adalah estradiol. Dilansir Livestrong, berikut uraiannya:

1. Wanita usia subur
Jika Anda masih berada pada usia produktif, maka kadar estrogen (estradiol) Anda akan mencapai kadar terendahnya pada beberapa hari pertama siklus mentruasi, yaitu berkisar antara 20-40 pg/ml. Saat sel telur mulai matang, maka kadar estradiol pun akan meningkat, yaitu antara 150-280 pg/ml atau lebih. Kadar estradiol akan terus meningkat setelah ovulasi, terlepasnya sel telur dari indung telur, hingga siklus menstruasi berikutnya dimulai, kecuali bila terjadi kehamilan.

2. Wanita hamil
Selama kehamilan, kadar estradiol, progesteron, dan hCG akan tetap tinggi dan akan terus meningkat selama kehamilan. Kadar estradiol pada trimester pertama kehamilan adalah antara 139-1.389 pg/ml, dengan rata-rata berkisar pada 726 pg/ml. Pada trimester akhir kehamilan, kadar estradiol akan bervariasi antara 906-9.385 pg/ml, dengan rata-rata berkisar pada 5.056 pg/ml.

3. Wanita pascamenopause
Wanita yang memasuki masa menopause biasanya memiliki kadar estradiol yang sangat rendah, yaitu kurang dari 10 pg/ml. Selama masa perimenopause, yaitu beberapa tahun sebelum menopause terjadi, kadar estradiol akan sangat berfluktuasi dan seringkali lebih tinggi dari normal pada hari kedua atau ketiga siklus menstruasi.

Kadar estrogen pada pria secara umum sama dengan kadar estrogen pada wanita yang telah memasuki masa menopause, yaitu antara 10-50 pg/ml. Namun tidak seperti wanita yang mengalami penurunan kadar estrogen seiring dengan semakin bertambahnya usia, pria justru mengalami peningkatan kadar estrogen seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka, yang juga disertai dengan semakin menurunnya kadar testosteron. ** Baca juga: Durasi Olahraga yang Disarankan untuk Turunkan Berat Badan

Tingginya kadar estrogen pada pria menyebabkan terjadinya pembesaran payudara dan pembesaran prostat. Peningkatan kadar estrogen pada pria inilah yang diduga juga turut berperan dalam terjadinya kanker prostat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru