oleh

Rutin Minum Air Putih Sebelum Makan Ampuh Turunkan Berat Badan?

Kabar6-Sebuah penelitian pada 2016 lalu mengklaim bahwa minum air sebanyak 450ml putih sebelum makan, efektif membantu berat badan turun. Benarkah demikian?

“Ada beberapa penelitian yang mendukung pernyataan bahwa minum air sebelum makan bisa mengurangi asupan energi, sehingga efeknya ada penurunan berat badan dalam jumlah kecil hingga moderat,” kata Maya Feller, pakar gizi dan diet bersertifikat yang juga pendiri Maya Feller Nutrition.

Menurut Maya, melansir Popsugar, kajian lainnya yang mengatakan bahwa efek penurunan berat badan tersebut sebetulnya berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya, sehingga sebaiknya Anda tidak mengandalkan hal ini saja agar berat badan turun. “Apakah saya akan menyarankan hal semacam ini untuk pasien-pasien saya? Tidak,” tegasnya.

Ditambahkan, cara yang lebih sehat dilakukan adalah dengan mengidentifikasi hal-hal internal yang menyebabkan seseorang mudah merasa lapar dan ingin ngemil dibanding menyuruh para pasiennya minum air sebelum makan.

Maya tetap mengingatkan pentingnya minum air putih bagi tubuh kita. Disebutkan, rata-rata wanita memerlukan air putih sebanyak 2,7 liter per hari untuk menjaga fungsi tubuh sehari-hari. “Cara termudah mengetahui apakah tubuh Anda sudah cukup terhidrasi atau belum adalah dengan melihat warna urine Anda. Jika warnanya cenderung kuning dan pekat, artinya Anda kurang minum,” urainya. ** Baca juga: Hal Tak Terduga Ini Ternyata Bisa Bantu Kurangi Polusi Udara

Artinya, minum air putih memang bermanfaat memberi hidrasi yang dibutuhkan tubuh. Namun, minum air putih saja agar merasa lebih kenyang saat diet itu tidak disarankan karena bisa mengurangi nutrisi yang diperlukan tubuh.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru