oleh

Peringati Harkitnas, Kapolda Banten Bacakan Isi Sumpah Palapa

Kabar6-Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di pelataran Mapolda Banten, Senin (20/5/2019).

Peringatan Harkitnas ke-111 itu mengangkat Tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Turut pula hadir dalam upacara Harkitnas dinplataran Mapolda Baten tersebut, Wakapolda Banten, Brigjen Pol Drs. Tomex Korniawan, Pejabat Utama dan seluruh personel Polda Banten.

Namun Ada yang menarik kali ini, Kapolda Banten, Tomsi Tohir dalam pidatonya mengatakan, Harkitnas saat ini kondisinya sangat seuai dan relevan jika melihat isi dari Sumpah Palapa tersebut.

Menurutnya, perbedaan pendapat bukanlah menjadi suatu alasan pemecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, Tomsi juga menyempatkan diri untuk membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam bahasa jawa.

Seperti ‘Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, tañjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana isun amukti palapa’.

“Apa yang dimaksud dengan amukti palapa para berkaitan dengan sikap Mahapati Gajah Mada. Dia tak akan berhenti sebelum mempersatukan nusantara. Sumpah Palapa merupakan embrio yang paling kuat bagi janin persatuan Indonesia,” ungkapnya.

**Baca juga: Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Tangerang Sebar Edaran ke Puskesmas.

Untuk itu, Tomsi Tohir juga berpesan kepada semua pihak untuk menteladani isi dari sumpah Palapa dalam kehidupan sehari-hari.

Khususnya dalam menyikapi pasca Pemilu 2019 kemarin agar tetap menjaga suasana kondusif di daerahnya masing-masing.

“Situasi pasca demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Pilihan yang berbeda dalam pemilu sepatutnya kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” tambahnya. (Den)

Berita Terbaru