oleh

Antisipasi Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Tangerang Sebar Edaran ke Puskesmas

Kabar6-Langkah pencegahan peredaran cacar monyet, Dinas Kesehatan mengeluarkan edaran dan imbauan ke masing-masing Puskesmas di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desiriana Dinardianti mengatakan, belum ada laporan kejadian di Kabupaten Tangerang terkait cacar monyet.

Namun sebagai antisipasi, pihaknya telah mengeluarkan edaran ke masing-masing Puskesmas terkait penularan dan pencegahan penyakit langka itu.

“Belum ada kejadian di kita (Kabupaten Tangerang). Tapi kita sudah buatkan edaran ke masing-masing Puskesmas,” kata Desiriana Dinardianti kepada Kabar6.com, Senin (20/5/2019).

Senada, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menjelaskan, cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus.

Cara penularan penyakit tersebut terhadap manusia adalah melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi seperti primata, tikus atau hewan pengerat lain.

“Penularan dari manusia ke manusia juga dapat terjadi melalui percikan air ludah, luka pada kulit penderita, atau objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita,” terangnya.

Komplikasi cacar monyet ini, lanjut Hendra Tarmizi, infeksi bakteri pada luka, infeksi paru (Pneumonia), gangguan pernafasan, infeksi mata, kebutaan, radang otak (ensefalitis) dan kasus kematian mencapai 1-10 persen.

**Baca juga: Habiskan Anggaran 5 Miliar, Stadion Mini Tigaraksa Tak Terawat.

Nah sebelum kejadian menimpa Anda dan keluarga tercinta, Hendra Tarmizi menjelaskan cara pencegahannya.

Seperti melakukan pola hidup sehat dan bersih, cuci tangan sebelum makan dan setelah kontak dengan hewan, serta masak makanan khususnya produk daging hingga matang.

Disamping itu, membatasi kontak fisik dengan orang yang dicurigai sebagai penderita cacar monyet, vaksinasi sebelum melakukan destinasi perjalanan, dan bila menemukan gejala segera periksakan ke dokter. (Jic)

 

Berita Terbaru