oleh

Nutrisi Sehat yang Dibutuhkan Agar Kuku Kuat

Kabar6-Tidak hanya perawatan dari luar, memiliki kuku yang kuat juga didapat dari sejumlah makanan bergizi yang dapat membantu kuku tumbuh sehat serta tidak mudah patah.

Lantas, nutrisi apa yang dibutuhkan agar kuku jadi kuat? Melansir Hellosehat, berikut sejumlah nutrisi yang diperlukan:

1. Biotin
Beberapa penelitian menunjukkan, penggunaan suplemen biotin dapat membantu memperkuat pertumbuhan kuku yang rapuh. Biotin dapat ditemukan di bagian organ tubuh seperti hati. Selain itu, ada juga dalam kuning telur, susu serta produk bawaannya, salmon, alpukat, ubi, kacang, biji, kembang kol.

2. Besi
Kekurangan zat besi dapat menimbulkan bentuk kuku yang tidak seharusnya (kuku sendok). Anda bisa mendapatkan sumber besi dari daging merah, ati ayam atau sapi, daging unggas, makanan laut seeprti ikan, cimi-cumi, kerang, sayuran hijau seperti kangkung atau bayam, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya.

3. Magnesium
Lebih dari 300 reaksi kimia dalam tubuh melibatkan mineral magnesium untuk kelancaran prosesnya. Termasuk reaksi dalam sintesis protein hingga reaksi untuk pertumbuhan kuku.

Jadi apabila Anda menginginkan kuku yang kuat, penuhi kebutuhan magnesium harian yang bisa didapatkan dari gandum utuh, sayuran hijau, almond, kacang mete, acang tanah, edamame.

4. Protein
Keratin adalah protein pembentuk struktur dalam tubuh. Ditambah, protein juga yang melindungi kuku dari kerusakan. Keratin yang ada pada kuku sebenarnya adalah keratin mati. Kuku dibentuk oleh sel-sel mati yang dikumpulkan oleh tubuh ketika sel-sel baru mulai banyak diproduksi.

Mengonsumsi protein dalam diet Anda sangat penting untuk meningkatkan produksi keratin, sehingga tumbuh kuku yang kuat. Makanan kaya protein antara lain seperti telur, ayam, tahu/tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

5. Zink
Kuku terdiri dari sejenis sel yang tumbuh dan membelah dengan cepat. Karena produksi yang cepat ini, pasokan zink yang memadai dalam tubuh sangat diperlukan untuk mendorong tumbuhnya pertumbuhan kuku yang sehat.

Kekurangan zink menimbulkan lempeng kuku yang tidak sempurna. Misalnya muncul bintik-bintik putih, dan pasti kekuatan kuku akan menurun. Anda bisa mendapatkan zink dari sebagian besar protein hewan, seperti sapi, unggas, ikan, dan telur. Selain itu, juga dalam makanan nabati seperti kedelai, buncis, kacang hitam kacang almond, kacang mete, dan biji-bijian.

6. Vitamin C
Vitamin C sangatlah penting untuk memproduksi kolagen, sebuah protein yang bertugas memberi bentuk dan kekuatan untuk banyak jaringan tubuh, termasuk jaringan kuku, rambut, dan gigi.

Kekurangan zink dan vitamin C bersamaan akan membuat kondisi kuku Anda menjadi rapuh, dan pertumbuhan kuku jadi melambat. Jadi, kebutuhan vitamin C harian Anda harus terpenuhi agar terciptanya kuku yang sehat dan kuat.

Vitamin C didapat dari berbagai buah antara lain seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan lain sebagainya. Selain buah Anda juga bisa memenuhi kebutuhan protein dari sayuran. ** Baca juga: Apa yang Anda Makan Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Miss V

Jaga kuku tetap sehat dengan sejumlah makanan bergizi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru