oleh

Intip 5 Makanan Unik yang Disantap Astronaut

Kabar6-Selain persiapan fisik dan mental, para astronaut juga harus siap menikmati makanan beku, makanan kaleng, hingga makanan kering yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Kehidupan para astronaut di kapal luar angkasa sangatlah tidak mudah. Di lokasi tanpa gravitasi ini, mereka tidak bisa leluasa menikmati makanan enak yang biasa dilahap saat di Bumi.

Karena itulah, aneka makanan ‘aneh’ pun terpaksa jadi santapan untuk tetap bertahan hidup demi menyelesaikan misi tertentu. Melansir Detik, ini sederet makanan aneh yang menjadi asupan para astronaut dari NASA setiap hari:

1. Garam dan merica cair
Para astronaut dibekali garam dan merica sebagai penyedap rasa dalam bentuk cair. NASA menyiapkan beberapa botol garam dan merica cair dalam kotak perbekalan makanan. Garam dilarutkan dalam air dan lada diolah menjadi minyak. Meskipun tampak aneh, bumbu ini membantu astronaut menikmati makanan enak.

2. Mi instan cup
Mi instan cup untuk para astronaut berbeda dengan mi instan yang biasa kita makan di Bumi. Perusahaan mi instan Nissin memproduksi mi khusus untuk para astronaut yang ingin menyantap mi di luar angkasa.

Mi ini dirancang khusus sehingga bisa diracik dalam pesawat. Untuk menyeduh mie juga tidak diperlukan air mendidih. Namun bentuk mi yang bulat dan berbeda, membuat astronaut kurang merasakan sensasi seru makan mi.

3. Paket makanan kemasan
Paket makanan kemasan jadi menu andalan yang disantap para astronaut setiap malam. Menu ini dikenal dengan sebutan ‘wet pack’ karena dikemas dalam wadah kedap udara untuk mempertahankan kelembapannya. Makanan ini sengaja dibiarkan basah dan lembap agar tidak mudah berantakan dan beterbangan di dalam pesawat.

Menurut NASA, para astronaut Apollo 11 menikmati paket yang berisi spaghetti dengan saus daging, sosis, dan sup ayam. Semua makanan dikemas dalam wadah terpisah.

4. Minum urine
Keterbatasan pasokan air di luar angkasa membuat para astronaut harus rela menelan urine sendiri. Namun urine itu lebih dulu diolah dan disaring hingga menjadi air tawar.

Disediakan alat khusus yang biasa digunakan untuk menampung urine sebelum diolah kembali. Karena sudah melewati proses penyulingan, maka urine ini tidak lagi bisa dibedakan. Para astronaut menganggap rasa astronaut sama dengan air kemasan.

5. Minum kopi
Kopi yang diminum para astronaut ini tidak diseduh menggunakan cangkir melainkan dinikmati langsung dari kemasannya. Kopi bisa diseruput lewat lubang kecil yang memudahkan para astronaut minum.

Kabarnya, para astronaut bahkan bisa meminta jenis kopi favoritnya namun tetap harus melewati proses pemeriksaan lebih dulu. ** Baca juga: Pengadilan Tiongkok Jatuhi Hukuman untuk Ilmuwan ‘Pencipta’ Bayi

Unik, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru