oleh

Monument to the Laboratory Mouse di Rusia Dibangun untuk Kenang Jasa Tikus

Kabar6-Dalam hampir sebagian besar penelitian ilmiah, tikus menjadi hewan percobaan yang sangat diandalkan, terlebih apabila berkaitan dengan dunia medis.

Nah, karena ‘jasa-jasa’ inilah, sebuah monumen tikus percobaan pun dibangun di Rusia. Monumen tikus percobaan atau Monument to the Laboratory Mouse ini, melansir smithsonianmag, berada di Institut Sitologi dan Genetika Novosibirsk, barat daya Siberia. Monumen tersebut dibangun untuk mengingatkan jasa-jasa tikus percobaan dalam penelitian ilmiah.

Monumen itu diperkenalkan pertama kali pada 2013 lalu. Kini, bangunan monumen tikus percobaan telah mengalami modifikasi sehingga bentuknya lebih menyerupai karakter animasi.

“Patung ini menggabungkan sosok tikus laboratorium dan ilmuwan, karena mereka terhubung satu sama lain untuk tujuan yang sama,” jelas pemahat Andrei Kharkevich tentang desainnya.

Monumen yang dibuat adalah patung tikus berwujud wanita berusia tua, memakai kacamata yang menggantung di atas hidung, lalu di tangannya terdapat dua jarum rajut yang menguntai DNA.

Pembangunan monumen tikus percobaan itu menghabiskan dana sekira Rp362 juta. Dana sebesar itu berasal dari donasi yang dikelola oleh pihak institut. ** Baca juga: Dinyatakan Aman, Militer Tiongkok Siap Uji Coba Vaksin Corona pada Anggotanya

Meskipun sering menjadi ‘musuh’ manusia, tikus pun punya jasa yang tak sedikit bagi perkembangan teknologi dan medis, lho.(ilj/bbs)

Berita Terbaru