oleh

Studi: Orang yang Tidak Gunakan Masker Lebih Cenderung Tidak Jaga Jarak

Kabar6-Saat ini masker menjadi salah satu barang yang wajib dipakai saat bepergian keluar rumah, entah itu ke tempat kerja, jalan-jalan ke mal, ke pasar dan lain sebagainya.

Tidak hanya menekan penyebaran virus corona, melansir Heathline, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa memakai masker dapat membuat orang lebih menjaga jarak dibandingkan tidak memakai masker. Penelitian dari University of Padua, Italia, ini menganalisis perilaku orang dalam menjaga jarak dan pemakaian masker.

Peneliti menggunakan alat pengukur yang berisi sensor untuk mengetahui kedekatan dengan orang lain. Penelitian ini mengukur lebih dari 12 ribu pertemuan dengan orang lain.

Hasilnya, orang yang tidak menggunakan masker lebih cenderung tidak menjaga jarak. Sebaliknya, saat seseorang memakai masker, mereka akan cenderung lebih menjaga jarak hampir dua kali lipat.

“Mengenakan masker mengirimkan pengingat visual kepada orang lain untuk menjaga jarak,” jelas peneliti Massimo Marchiori. ** Baca juga: Sering Migrain, Hindari Dulu Makanan dan Minuman Ini

Selain itu, memakai masker dan menjaga jarak juga merupakan pencegahan COVID-19 yang efektif. Studi yang dipublikasikan dalam The Lancet menunjukkan kemungkinan transmisi virus mencapai 12,8 persen pada jarak kurang dari satu meter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru