oleh

Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Agar Tetap Sehat

Kabar6-Makan bersantan termasuk salah satu pilihan sekaligus favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Meskipun demikian, Anda disarankan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan bersantan.

Dilihat dari kandungan gizinya, santan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Sebanyak 93 persen kalori santan berasal dari lemak yang disebut dengan medium-chain triglycerides (MCTs).

Sementara dalam 240 gram atau satu cangkir santan mengandung energi 554 kalori, lemak 57 gram, protein lima gram, karbohidrat 13 gram, dan serat lima gram. Lebih dari 51 gram lemak yang terkandung santan kental itu adalah lemak jenuh.

Sebenarnya, melansir Hellosehat, tidak ditemukan batasan berapa banyak makanan bersantan yang baik dikonsumsi dalam satu hari. Namun menurut American Heart Association, batas kalori dari lemak jenuh yang boleh dikonsumsi sekira enam persen dari kalori total. Jika kebutuhan harian Anda adalah 2.000 kalori, maka jumlah total lemak jenuh yang aman dikonsumsi dalam sehari adalah enam persen dari kebutuhan kalori tersebut atau sekira 120 kalori (13,3 gram).

Artinya, Anda disarankan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung santan hingga satu cangkir, karena kadar lemak jenuhnya melampaui batas yang dianjurkan dalam sehari.

Meski banyak yang mengira makanan bersantan itu tidak baik bagi kesehatan, beberapa ahli mengatakan, santan asli yang belum dicampur gula dan bahan lainnya justru berkhasiat bagi kesehatan, yaitu efektif membantu tubuh terhindar dari virus dan jamur.

Selain itu, meskipun tinggi kalori, santan murni sebenarnya adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik. Secangkir santan dapat memenuhi 11 persen kebutuhan vitamin C, 22 persen kebutuhan zat besi, 32 persen kebutuh copper, 22 persen kebutuhan magnesium, dan 21 persen kebutuhan selenium dalam sehari.

Tapi sekali lagi, konsumsi santan harus tetap dibatasi dengan bijak. Mengonsumsi makanan bersantan yang terlalu sering akan menimbulkan masalah kesehatan. ** Baca juga: Pria Berwajah ‘Sangar’ Menurut Studi Cenderung Berhati Lembut

Bahaya santan bagi tubuh sebenarnya berkaitan dengan kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, terutama penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung.

Jadi jika Anda ingin mengonsumsi makanan bersantan, jangan sampai melebihi batas konsumsi maksimal dalam sehari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru