oleh

Cara Unik Polisi Tiongkok untuk Atur Lalu Lintas dengan Gunakan Drone

Kabar6-Polisi di Tiongkok punya cara unik untuk menegur pengguna kendaraan bermotor atau pengemudi mobil yang melanggar aturan berlalu lintas. Ya, polisi di Putian, Provinsi Fujian, mengoperasikan drone untuk mengatur lalu lintas.

Drone digunakan oleh polisi untuk mengatur lalu lintas sejak September tahun lalu. Sejak adanya drone itu, melansir SCMP, polisi mampu melacak dan mencatat setidaknya 2.184 pelanggaran lalu lintas pada awal tahun ini. Ada 10 polisi yang menjadi operator drone, diterbangkan hingga 50 meter dari target, dan bertahan selama 30 menit, serta dilengkapi pengeras suara.

Dikatakan salah seorang aparat, mereka bisa mengidentifikasi pelanggaran seperti mobil tanpa pelat resmi, pengemudi motor menerobos lampur merah.

Kemudian pelanggaran lain seperti pengendara motor melaju di lajur yang salah, hingga ada pengguna skuter yang kedapatan tidak memakai helm.

Sementara itu, hal ini ditanggapi dengan lelucon oleh pengguna media sosial Weibo. “Jika ada seseorang yang menyebut saya ganteng, saya tentu akan sangat senang,” kata seorang netizen.

Tetapi ada juga warganet yang menyoroti drone digunakan untuk pengawasan. Apalagi kekhawatiran jika ada pelanggaran privasi dalam pengaturan lalu lintas.

Profesor dari Universitas Sains Politik dan Hukum Tiongkok bernama Zhu Wei mengatakan, privasi menjadi kekhawatiran utama yang disuarakan oleh publik. ** Baca juga: Arus Sungai di Jerman Digunakan untuk Berselancar Seperti di Laut

Ditambahkan, banyak orang takut jika keselamatan dan hak pribadi mereka dilanggar oleh drone. Namun di sisi lain, mereka juga maklum polisi hanya menegakkan peraturan lalu lintas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru