Home / Aneka Berita / Sehat / Jus yang Bantu Jaga Kesehatan Hati & Ginjal
Ilustrasi/bbs

Jus yang Bantu Jaga Kesehatan Hati & Ginjal

Kabar6-Salah satu cara sehat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan membuat jus yang terbuat dari buah dan sayuran segar. Cara ini adalah cara yang hemat biaya sekaligus kaya nutrisi.

Tahukah Anda, jus buah dan sayur ternyata baik untuk kesehatan hati dan ginjal Anda? Melansir healthyeating.sfgate, berikut adalah jus yang dimaksud:

1. Jus cranberi
Membantu mengurangi jumlah kalsium oksalat dalam tubuh, yang merupakan penyumbang utama batu ginjal. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2003 di BJU International menemukan, pria yang minum jus cranberi secara teratur selama 14 hari mengalami penurunan kadar kalsium oksalat dan fosfat.

Journal of Medicinal Food edisi 2007 melakukan penelitian di mana subjek hewan yang minum jus cranberi secara teratur menunjukkan peningkatan kemampuan antioksidan di hati mereka dan kadar trigliserida yang menurun. Sementara ilmuwan untuk kedua studi tersebut menyimpulkan bahwa jus cranberi mengandung efek perlindungan dan bermanfaat pada hati dan ginjal.

2. Jus Kubis
Sayuran hijau berdaun ini memberikan efek perlindungan baik untuk ginjal dan hati. Selain sebagai sumber kalsium yang kaya dan membantu menjaga kadar oksalat Anda tetap terkendali, sehingga menurunkan risiko terkena batu ginjal.

Sebanyak dua cangkir kubis yang menghasilkan ¼ cangkir jus kubis, mengandung kalsium sebanyak 201 mg. Kebutuhan harian kalsium yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah antara 1.000-1.300 mg per hari. Kubis juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan antioksidan dalam hati.

3. Jus bit
Bit adalah sumber polifenol yang kaya, membantu melindungi hati Anda dari kerusakan akibat racun dan radikal bebas, sehingga jus bit menjadi sebagai obat hati, pembersih alami ginjal dan kandung empedu. Selain itu juga dapat membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh. Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.

4. Jus nanas
Jus nanas rendah kalium, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita penyakit ginjal kronis. Satu cangkir buah nanas akan membuat ½ cangkir jus nanas segar dengan juicer.

Ukuran penyajian ini hanya mengandung 180 mg kalium. Anda bisa minum jus nanas sendiri atau memadukannya dengan bahan lain, termasuk kubis, untuk memberi rasa lebih. ** Baca juga: Rambut Rontok Bisa Disebabkan Oleh Kekurangan Vitamin & Mineral

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...