oleh

Jarang Dilakukan, Makan pada Sore Hari Miliki Sejumlah Keuntungan

Kabar6-Makan malam kerap dipandang sebagai ‘perusak’ untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Ketimbang memusingkan makan malam, mengapa tidak menggesernya menjadi makan sore?.

Memecah waktu makan di sore akan membantu untuk memenuhi kebugaran tubuh. Melansir Healthyeating, berikut sejumlah keuntungan makan pada sore hari:

1. Jaga berat badan tetap ideal
Bila seseorang makan di malam hari, maka ia pun cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori dan rendah nutrisi, yang tentu saja dapat membuat orang tersebut makan secara berlebihan.

Selain itu, bila Anda melewatkan waktu makan pagi atau siang Anda atau menunda waktu makan malam, maka Anda pun cenderung makan lebih banyak karena sangat lapar.

Melewatkan waktu sarapan dapat meningkatkan respon hormon insulin di dalam tubuh, berarti juga dapat meningkatkan penumpukkan lemak di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

2. Cegah terjadinya refluks asam lambung
Naiknya asam lambung ke kerongkongan atau biasa disebut dengan refluks dapat menyebabkan timbulnya rasa seperti terbakar di daerah dada. Gejala ini biasanya akan semakin memburuk bila Anda berbaring.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya refluks asam lambung ini adalah dengan menghindari makan dalam jumlah besar dan mengonsumsi makanan berlemak di malam hari.

Makan lebih cepat membuat tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi dengan baik, dan menurunkan risiko terjadinya refluks asam lambung.

3. Tidur lebih nyenyak
Refluks asam lambung yang menimbulkan rasa seperti terbakar di dada tentunya dapat mengganggu tidur Anda di malam hari. Karena itu, makan terlalu malam, apalagi makan banyak dapat mengganggu tidur nyenyak Anda dengan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak cairan sebelum tidur seperti susu, jus, sup, atau makanan berkuah lainnya juga dapat mengganggu tidur karena Anda sering terbangun untuk buang air kecil.

4. Lebih bertenaga
Makan tepat waktu di sepanjang hari dapat membuat Anda bertenaga di sepanjang hari, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak Anda.

Namun terlambat makan justru dapat membuat Anda tampak kurang bertenaga, lelah, memiliki mood yang buruk, dan nafsu makan yang besar di malam hari.

Untuk mencegah terjadinya berbagai dampak negatif tadi, lebih baik bila Anda mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta mengonsumsi camilan di antara waktu makan. ** Baca juga: 4 Cara Mudah untuk Dapatkan Perut Indah

Selain itu, tidur nyenyak di malam hari juga dapat membantu membuat Anda lebih bertenaga keesokkan harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru