oleh

Isi Ruang Kerja dengan Tanaman Hijau Bantu Redakan Stres

Kabar6-Hiasan apa yang Anda letakkan pada meja atau ruang kantor? Tahukah Anda bahwa stres dapat muncul karena ruang kantor yang monoton. Seorang psikolog dalam sebuah makalah menuliskan, kantor yang tidak memiliki hiasan atau semacamnya juga dapat menjadi ruang yang paling beracun. Nah, agar dapat meredam stres karena pekerjaan, Anda perlu menempatkan tanaman hijau di kantor.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Chris Knight dari University of Exeter, Inggris, dan rekan-rekan psikolognya selama 10 tahun menungkapkan bahwa keberadaan beberapa tanaman hijau di ruang kerja yang tidak terlalu luas, seperti dilansir Klikdokter, dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 15 persen. Selain itu, kantor yang bernuansa hijau karena terdapat tanaman bisa membuat karyawan lebih bahagia.

Dalam penelitian yang merupakan kolaborasi dari empat universitas di Australia, Inggris, dan Belanda, para periset memeriksa dampak dari kantor tanpa tanaman dan dengan tanaman terhadap persepsi karyawan tentang kualitas udara, konsentrasi, dan kepuasan di tempat kerja. Tingkat produktivitas juga dipantau selama bulan-bulan berikutnya di dua kantor besar di Inggris dan Belanda.

Hasilnya, keberadaan tanaman di kantor secara signifikan meningkatkan kepuasan kerja, tingkat konsentrasi, dan kualitas udara yang dirasakan karyawan. Chris juga menemukan bahwa dalam beberapa tahun terakhir banyak ruangan kantor yang terlihat lebih sederhana dan memasukkan tanaman hijau untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

“Yang penting adalah setiap orang bisa melihat tanaman dari meja mereka,” kata Knight. Bahkan, penelitian ini mengungkapkan jika tanaman tidak bisa dihadirkan di dalam kantor, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan cara memasang foto tanaman disertai pengaturan cahaya yang pas dan aroma tertentu.

Sementara itu Dr. Virginia Lohr dari Washington State University mengatakan, kantor yang mempunyai tanaman juga dapat berpengaruh terhadap tekanan darah yang konsisten pada setiap karyawan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa keberadaan tanaman di kantor mampu mengurangi stres dalam waktu lima menit. ** Baca juga: Apa Itu Diet ‘Special K’?

Selain dapat meredam stres, tanaman hijau di kantor juga bisa meningkatkan produktivitas Anda. Yuk, hiasi meja dan ruangan kantor dengan tanaman hijau.(ilj/bbs)

Berita Terbaru