oleh

Ini Lho Batas Berat Maksimal Tas Sekolah Anak yang Disarankan

Kabar6-Anda tentu sering melihat anak-anak sekolah yang memakai ransel atau tas selempang dengan membawa banyak buku, baik tulis maupun tulis. Belum lagi beberapa anak membawa bekal makanan dari rumah.

Terkadang beban tas membuat anak-anak terlihat seperti membungkuk alias kebertan. Lantas, berapa berat maksimal tas sekolah anak yang disarankan?

Para ilmuwan, melansir Femina, kebanyakan sudah sepakat menyatakan bahwa tas ransel yang digunakan murid sekolah harus dibatasi, tak lebih dari 10 persen berat tubuh anak. Sementara batas maksimal ransel yang menggunakan roda bagi anak adalah 20 persen dari berat badan anak. Pada anak-anak di 49 sekolah dasar, peneliti mengamati kinematic anak (postur dari pinggang ke bawah) saat mereka berjalan tanpa beban, berjalan sambil membawa ransel biasa, dan berjalan sambil membawa ransel troli beroda dengan beban yang bervariasi (10 persen, 15 persen, dan 20 persen berat tubuh masing-masing anak).

Hasilnya, secara kinematic membawa (biasanya dengan cara menarik) ransel troli beroda pada anak lebih sedikit mengalami perbedaan jika dibandingkan dengan saat anak membawa ransel, meski beratnya ringan.

Beban saat membawa ransel yang terlalu berat pada anak-anak akan membuat gangguan antara lain rasa sakit pada leher, punggung, dan bahu terasa kaku. Anak-anak juga jadi lebih mudah kelelahan. Kondisi ini semakin lama juga akan mempengaruhi postur anak, karena saat membawa beban berat, tubuh akan cenderung membungkuk. ** Baca juga: Camilan Sehat Dijamin Tidak Bikin Tubuh Melar

Periksa lagi beban tas yang dibawa anak-anak saat sekolah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru