oleh

Ini 7 Mitos Seputar Rambut

Kabar6-Ada banyak mitos yang berkaitan dengan kecantikan wajah yang beredar di masyarakat. Termasuk untuk urusan perawatan rambut. Mitos yang berkembang biasanya dipercaya untuk menghindari merawat rambut dengan teknik yang salah.

Apa saja mitos seputar rambut yang beredar dalam masyarakat? Melansir Popbela, berikut penjelasannya:

1. Menyisir sebanyak 100 kali dalam satu hari
Menurut mitos, menyisir rambut 100 kali dalam satu hari dapat membuatnya menjadi lebih sehat. Faktanya, hal ini berlebihan dan tidak perlu dilakukan. Menyisir rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut.

Cara terbaik menyisir rambut adalah dengan menggunakan sisir bersikat lembut atau sisir dengan gigi lebar. Bila dilakukan dengan benar, menyisir rambut dapat membantu mendistribusikan minyak alami dari akar ke kulit kepala, sehingga rambut terlihat memiliki kilau alami.

2. Keramas setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal
Faktanya, keramas setiap hari tidak akan membuat rambut menjadi lebih sehat, tapi justru memicu kekeringan pada kulit kepala. Penggunaan sampo serta kondisioner sebaiknya diberikan jeda hari seperti dua hari atau tiga kali sehari.

3. Rajin potong rambut dapat membuatnya cepat panjang
Faktanya, rambut tumbuh dari folikel yang ada di kulit kepala. Jadi, memotong ujung rambut tidak ada hubungannya dengan akar dari mana mereka tumbuh.

Cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut, bergantung pada kondisi genetik. Memotong ujung rambut secara berkala menghindari rambut bercabang.

4. Rambut berminyak dan tipis tidak butuh kondisioner
Faktanya, melewatkan penggunaan kondisioner hanya akan memicu kerusakan lain pada rambut. Untuk rambut berminyak, pilihlah kondisioner khusus rambut berminyak.

Gunakan kondisioner mulai dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Sedangkan untuk kamu pemilik rambut tipis, pilihlah kondisioner yang membantu memberi volume pada rambut.

5. Mencabut uban membuatnya tumbuh lebih banyak
Faktanya, para ahli menyatakan bahwa mencabut uban sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut yang berakibat menghambat pertumbuhan rambut.

Uban di kepala bisa muncul ketika pigmen di dalam folikel mati. Sebagian besar kasus uban muncul pada orang dengan usia muda adalah akibat faktor genetik. Dari pada mencabut uban, para ahli menyarankan untuk memotongnya saja agar folikel rambut tidak rusak.

6. Keramas dengan air es dapat menambah kilau rambut
Faktanya, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan perbedaan dalam mencuci rambut menggunakan air dingin atau air hangat. Para ahli menyarankan menggunakan kondisioner untuk mendapatkan kilau rambut. Perawatan di salon juga dapat menjadi solusi untuk mendapatkan rambut yang berkilau.

7. Dry shampoo sama dengan sampo biasa
Faktanya, dry shampoo hanya berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan menambahkan aroma pada rambut. Dry shampoo tidak bisa membersihkan rambut seperti shampoo biasa.

Jadi, jangan gunakan dry shampoo setiap hari atau menjadikannya pengganti shampoo biasa. Gunakanlah sesekali saja untuk kebutuhan styling rambut Anda. ** Baca juga: Lezat, Tapi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Picu Kulit Wajah Jadi Berminyak

Mitos mana yang selama ini Anda percayai?(ilj/bbs)

Berita Terbaru