oleh

Lezat, Tapi 4 Jenis Makanan Ini Bisa Picu Kulit Wajah Jadi Berminyak

Kabar6-Memiliki kulit berminyak tentu dapat menimbulkan berbagai masalah, antara lain wajah lebih mudah kusam, muncul komedo, hingga jerawat. Apa penyebab kulit menjadi berminyak?

Ada banyak hal yang bisa memicu produksi sebum berlebihan pada kulit, mulai dari gaya hidup yang tidak baik, kurang menjaga kebersihan wajah, hingga faktor makanan.

Dan tanpa disadari, melansir beberapa sumber, ada empat jenis makanan yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Apa sajakah itu?

1. Karbohidrat olahan
Karbohidrat memang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, kulit wajah akan semakin berminyak.

Karbohidrat olahan antara lain seperti roti, biskuit, tepung, dan aneka makanan manis yang mengandung kandungan gula tinggi.

2. Produk olahan susu
Meskipun memiliki banyak khasiat untuk tubuh, makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt juga mengandung whey protein yang bisa memicu produksi sebum.

3. Daging tinggi lemak
Jika dikonsumsi secara berlebihan, daging merah tinggi lemak bisa membuat kulit wajah menjadi semakin berminyak. Tidak hanya itu, daging merah juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti kolesterol dan hipertensi.

4. Gorengan
Selain menggunakan minyak yang sangat banyak, gorengan umumnya juga dibuat menggunakan tepung. Nah, tepung termasuk dalam salah satu jenis karbohidrat olahan yang bisa merangsang produksi sebum.

Selain itu, gorengan juga punya kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga mempengaruhi hormon untuk memproduksi minyak berlebihan pada kulit. ** Baca juga: Bahaya Tidur Saat Rambut Masih Basah Usai Keramas

Jadi apabila ingin memiliki wajah bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit, kurangi konsumsi empat jenis makanan tadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru