oleh

Bagaimana Cara Bercukur yang Benar?

Kabar6-Mencukur bulu atau rambut, baik pada bagian ketiak, kumis, kaki, ataupun area intim, menjadi hal yang rutin dilakukan sebagian orang. Namun, teknik bercukur yang keliru dapat mengakibatkan razor burn hingga infeksi yang menyakitkan.

Karena itulah, Anda perlu memahami cara bercukur yang benar. Melansir hellosehat, berikut cara bercukur yang benar dengan risiko minimal:

1. Memilih alat cukur
Cara bercukur yang benar juga ditentukan dari alat cukurnya. Pilihlah alat cukur dengan kepala yang dapat digerakkan dan memiliki sedikitnya dua mata pisau. Alat cukur sebaiknya juga cukup lentur dan nyaman ketika digenggam.

2. Membasahi dan membersihkan kulit
Sebelum menempelkan apa pun, bersihkan kulit terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun. Air hangat akan membuat kulit lebih rileks dan lembut, serta membuka pori-pori. Dengan begitu, kulit dapat menghadapi gesekan alat cukur dengan lebih baik.

3. Oleskan krim atau gel cukur
Pilihlah krim dan gel cukur yang memberikan sensasi dingin. Oleskan krim atau gel ke arah atas sehingga helai-helai rambut menjauh dari kulit. Cara ini akan membuat hasil cukur lebih bersih, sebab pisau cukur bisa menjangkau pangkal rambut.

4. Cara bercukur yang benar mengikuti arah tumbuhnya rambut
Ikuti arah tumbuhnya rambut untuk mencegah luka dan razor burn. Jangan menekan pisau cukur terlalu keras, tapi jangan pula terlalu lembut.

Sentuhan yang pas adalah saat Anda bisa merasakan pisau memotong rambut dan tidak melukai kulit. Jika Anda kurang menekan pisau cukur, rambut masih akan banyak bersisa. ** Baca juga: WHO Sebut, pada 2050 Mendatang Sebanyak 2,5 Miliar Warga Dunia Alami Gangguan Pendengaran

5. Bersih-bersih setelah bercukur
Basahi wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori. Bila perlu, Anda dapat menggunakan krim atau losion aftershave untuk melembutkan, melindungi, serta membersihkan kulit dari bakteri.

Bercukur membuat kulit terasa lebih bersih dan terawat. Namun, cara bercukur yang keliru justru dapat menimbulkan masalah kulit baru. Pastikan Anda selalu mengikuti seluruh cara bercukur yang benar untuk melindungi kulit dari risiko tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru