oleh

Ini 5 Hormon Penting Bagi Tubuh

Kabar6-Sistem hormon manusia berperan penting dalam mengelola pertumbuhan dan perkembangan tubuh, fungsi jaringan, metabolisme, suasana hati, proses reproduksi, hingga fungsi seksual. Oleh karena itu, gangguan pada sistem ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Hormon memiliki peran yang sangat penting dalam metabolisme tubuh manusia, seperti halnya enzim. Bedanya, kalau enzim memiliki kemampuan untuk mempercepat suatu reaksi metabolisme, sedangkan hormon mempunyai peranan penting untuk mengontrol fungsi tubuh dan menentukan tingkat metabolisme.

Ada lima hormon, melansir Pesona, yang ada dalam tubuh Anda dan bagaimana cara menjaga kadarnya agar mereka tetap normal. Apa sajakah itu?

1. Hormon estrogen
Hormon ini paling besar kandungan di dalam tubuh wanita subur dan berfungsi menjaga kesehatan alat reproduksi serta menyiapkan rahim untuk kehamilan. Hormon ini juga menjaga imunitas tubuh.

Terlalu banyak estrogen di dalam tubuh akan menyebabkan nyeri perut dan emosi tinggi saat premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom sebelum menstruasi. Satu-satunya cara menjaga kadar estrogen adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak.

2. Hormon progesteron
Sama dengan estrogen, hormon ini menjaga kesehatan alat reproduksi dan menormalkan kadar gula dalam darah. Tapi kondisi progesteron yang tidak seimbang akan menyebabkan Anda mudah sakit kepala dan depresi. Jaga kandungan progesteron Anda dengan olahraga teratur dan menjaga berat badan proporsional.

3. Hormon androgen
Meskipun sedikit, hormon ini berperan untuk menumbuhkan rambut dan meningkatkan gairah seks Anda. Kekurangan hormon ini menyebabkan rambut mudah rontok, jerawatan, dan cepat lelah.

Agar hormon tetap seimbang, lakukan olahraga teratur dan konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti sayuran hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Hormon prolaktin
Tugasnya adalah menjaga kesuburan di saluran telur dan menjaga kesehatan payudara. Jika kekurangan hormon ini, Anda berisiko infertilitas dan menurunkan gairah seksual. Padahal, menjaga keseimbangan hormon ini mudah yaitu pastikan Anda cukup tidur setiap harinya.

5. Hormon FSH dan LH
Stimulating Hormone (FSH) adalah hormon glikoprotein yang berperan dalam proses pematangan sel telur di dalam indung telur. Sedangkan lutenizing hormone (LH) adalah hormon yang mengatur pematangan dan pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi).

Ketidakseimbangan hormon ini akan menyebabkan Anda mudah jerawatan dan gangguan memori. Jaga kesehatan hormon ini dengan banyak minum air putih dan mengurangi makanan berlemak tinggi. ** Baca juga: Benarkah Olahraga Harus Mengeluarkan Keringat Banyak?

Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tercukupi membuat keseimbangan hormon terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru