oleh

Humas ASDP Merak: Tak Miliki KTP, Pendataan Penumpang Dapat Dilakukan Manual

Kabar6-Menyikapi masih banyak warga yang belum memiliki KTP elektronik, pada sisi lain pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni mulai memberlakukan pendataan calon penumpang secara elektronik melalui KTP-l.

Atas kondisi tersebut, Humas ASDP Merak Fariz Riski menyatakan, pendataan kepada penumpang yang akan melalui jalur penyeberangan Merak-Bakauheni tetap bisa dilakukan secara manual, melihat kondisi dilapangan masih saja ada warga atau calon penumpang yang akan melalui jalur penyeberangan Merak-Bakauheni sampai saat ini belum memiliki KTP Elektronik.

“Kalau data KTP nya tidak bisa di Tab, tetap dilakukan secara manual. Masih bisa, pendataan masih bisa dilakukan secara manual, apabila ada penumpang yang ingin menyeberang tidak memiliki KTP elektronik, akibat blanko habis,” kata Fariz, kepada Kabar6.com, Rabu (29/5/2019).

Tidak hanya KTP elektronik, bagi calon penumpang yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal Ferry melalui pelabuhan Merak menuju Bakauheni, lanjut Fariz, bisa juga menunjukan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada petugas jaga di loket penyeberangan, sebagai data diri calon penumpang sebelum selanjutnya bisa menyeberang.

“Bisa juga pakai SIM kalau tidak ada KTP elektronik,” katanya.

Dirinya juga mengaku, kesiapan antara pendataan diri masyarakat belum sepenuhnya berjalan mulus, sehingga calon penumpang yang akan menyeberang melalui pelabuhan Merak-Bakauheni belum semuanya memiliki KTP elektronik sendiri.

Seperti yang saat ini tengah diupayakan oleh pihak ASDP agar pada saat pencatatan calon penumpang bisa dilakukan secara elektronik atau non manual.

“Iya bener, memang sebagian besar masih ada saja. Kemarinpun saya pas turun langsung ke lapangan, masih menemukan calon penumpang yang hanya memiki KTP lama, dan akhirnya tetap kita lakukan pendataan secara manual,” katanya.

**Baca juga: Blanko KTP Elektronik Habis, Sekda Banten: ASDP Diminta Sikapi Secara Kondisional.

Menurutnya, pada saaat penumpang yang belum memiliki KTP elektronik datang ke pelabuhan Merak-Bakauheni, mereka bisa langsung datang ke loket penyeberangan.

Untuk selanjutnya dibantu oleh petugas agar pencatatan data dirinya bisa dibantu oleh petugas jaga sebelum nantinya diberangkatkan melalui jalur penyeberangan kapal laut Merak-Bakauheni.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah masyarakat mengeluhkan pembuatan KTP elektronik jelang perayaan Idul Fitri tahun ini akibat blanko KTP habis. (Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru