oleh

Hati-hati, Sikap Pesimis Bisa Picu Penyakit Jantung

Kabar6-Pesimisme adalah paham yang menganggap bahwa segala sesuatu yang ada pada dasarnya adalah buruk atau jahat. Dengan demikian, gambaran hidup yang ditampilkan adalah suram dan tiada harapan. Perasaan sedih, kemurungan, putus asa, absurditas, sakit, dan kematian, dipandang sebagai bersifat dasar.

Selain mempengaruhi kehidupan sehari-hari, sifat pesimis ternyata juga membuat seseorang berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung. Dilansir Wartakesehatan, penelitian dari Finlandia menemukan bahwa angka orang yang meninggal akibat penyakit jantung koroner ternyata juga dibarengi dengan sifat pesimis yang dimiliki sebelumnya.

“Sifat pesimis membuat orang jadi rentan stres. Untuk meredakan stres ini terkadang mereka mengalihkannya dengan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat, serta tidak rajin berolahraga.

Jika kebiasaan ini terus dipupuk, maka angka kolesterol dan tekanan darah jadi naik. Begitu pula dengan gula darah tubuh. Akibatnya, lambat laun kesehatan tubuh akan menurun,” urai Dr. Mikko Pankalainen, penulis utama penelitian dan seorang psikiater di Rumah Sakit Paijat-Hame Central di Lahti, Finlandia. ** Baca juga: Atasi Lelah dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat yang Bikin Bugar

Penelitian terpisah lainnya juga menemukan bahwa wanita yang tidak memiliki tingkat ketidakpercayaan diri yang tinggi juga berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang bersifat optimis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru