oleh

Detoks Tubuh Usai Idul Adha dengan 5 Makanan Sehat

Kabar6-Menu berbahan daging apa saja yang menjadi kesukaan Anda saat Idul Adha kemarin? Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang sangat gemar makan daging.

Jenis makanan yang satu ini memang bermanfaat bagi tubuh, antara lain memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu meningkatkan fungsi otak.

Namun di sisi lain, mengonsumsi daging dalam porsi berlebih juga bisa membawa dampak buruk, seperti sembelit, dehidrasi, bau badan, sakit kepala, kolesterol naik, dan berat badan yang melonjak.

Karena itulah, Anda sebaiknya melakukan detoks tubuh untuk membuang racun atau ‘sampah’ tubuh. Melansir Womantalk, berikut lima makanan sehat yang membantu detoks tubuh:

1. Konsumsi lemak baik
Banyak orang menghindari makanan berlemak setelah makan daging. Namun penelitian menunjukkan, makan lemak sehat seperti alpukat, kacang, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun justru baik bagi tubuh.

Hal ini karena bahan makanan yang mengandung lemak baik tersebut bermanfaat mengurangi kolesterol jahat atau LDL, dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

2. Makan sayur
Konsumsi banyak sayuran setelah Anda berlebih konsumsi daging saat Idul Adha. Tambahkan sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli pada menu harian untuk memperbaiki gula darah dan kolesterol dalam tubuh, termasuk konsumsi buah-buahan sebagai ganti camilan.

3. Makan kacang kedelai
Sebanyak 35 penelitian ilmiah menunjukkan, makan kacang kedelai bermanfaat menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Manfaat ini bahkan terlihat paling siginifikan pada orang-orang yang memiliki masalah kolesterol tinggi.

Anda bisa mengonsumsinya sebagai campuran salad atau dalam bentuk tempe, lho. Namun sebaiknya hindari menggoreng dan pilih untuk memanggangnya saja.

4. Biji-bijian utuh
Whole grain atau biji-bijian utuh itu bukan hanya gandum atau oat saja, tapi juga termasuk jagung, beras merah, beras hitam, serta sorgum yang tak melulu menjaga kadar kolesterol, tetapi juga membuat kita kenyang lebih lama.

5. Minum teh
Teh di sini bukan teh instan atau yang dalam kemasan, melainkan teh alami yang kita seduh sendiri. Berbagai jenis teh yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung ini antara lain teh hijau, teh hitam, dan teh putih. Dan lebih sehat lagi kalau diminum tanpa gula. ** Baca juga: Adakah Batas Penyimpanan Daging dalam Freezer?

Tetap sehat usai konsumsi daging dengan detoks yang membantu menurunkan kolesterol jahat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru