oleh

Cegah Virus Corona, Wanita Ini Nekat Masukkan Uang Miliknya Senilai Rp6,5 Juta ke Microwave

Kabar6-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu menyarankan masyarakat untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas. Hal tersebut berguna untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus corona.

Ya, virus corona dapat menempel di permukaan uang kertas yang kemudian dapat menular ke orang lain. Hal itu juga yang membuat para aktivis menyarankan untuk mengganti transaksi konvensional menjadi transaksi digital menggunakan uang digital.

Nah, gara-gara saran ini, seorang wanita asal Jiangsu, Tiongkok, yang tak diungkap identitasnya dilanda kepanikan. Wanita tadi, melansir Asiaone, nekat memasukkan segepok uang kertas ke microwave. Usut punya usut, wanita tersebut ternyata bermaksud mensterilisasi sendiri uang kertas miliknya. Ia berharap, memasukkan uang ke pemanas makanan dapat membunuh virus corona yang mungkin menempel di permukaannya.

Tidak tanggung-tanggung, wanita itu memasukkan uang ke microwave berjumlah sekira Rp6,5 juta. Nah, satu menit setelah dimasukkan, tercium aroma terbakar dari microwave. Tentu saja, karena uang-uang tersebut gosong akibat suhu panas yang dikeluarkan oleh microwave.

Lantaran tidak mau rugi, wanita itu kemudian pergi ke China CITIC Bank untuk menukarkan uangnya yang hampir hancur. Uang kertas yang sebagian besar bernilai 100 yuan itu rusak parah sehingga pihak bank kesulitan untuk mengenalinya. Staf bank bahkan harus menghitung secara manual dan memeriksa satu per satu untuk memastikan uang tersebut asli atu tidak.

Staf bank juga memerlukan waktu lama karena harus ekstra hati-hati saat memeriksa agar uang kertas tak hancur. Beruntung, wanita itu akhirnya berhasil mendapatkan kembali uangnya. Juru bicara pihak bank mengatakan, uang kertas yang didapat dari berbagai lembaga keuangan selama periode kritis tersebut sudah bersih.

Diketahui, sejak Februari 2020, bank-bank di Tiongkok telah melakukan disinfeksi pada uang kertas menggunakan sinar ultraviolet maupun dengan suhu tinggi. Bahkan, uang-uang kertas tersebut juga telah dikarantina selama 14 hari sebelum diedarkan kembali ke publik. ** Baca juga: Untuk Usir Angsa dan Burung di Landasan, Bandara di Arkansas Pekerjakan Anjing

Bank central negara tersebut juga mendesak bank untuk mengeluarkan uang kertas baru kepada pelanggan bila memungkinkan. Cara terbaik untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dengan rajin-rajin mencuci tangan setelah memegang uang kertas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru