oleh

Begini Masalah Krusial Penyebab Banjir di Kota Tangsel

Kabar6-Sedikitnya terdapat 22 titik wilayah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Titik lokasi terparah di sekitar kawasan Pondok Kacang, Kecamatan Pondok Aren, dan ketinggian air banjir mencapai 2 meter.

Tiga titik lokasinya yakni di Kampung Bulak, Pondok Maharta dan Pondok Kacang Prima. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel berjanji dalam waktu dekat, tiga titik banjir ini kerap berulang ini bakal segera dibenahi.

“Solusi yang dilakukan tidak mudah, karena penyempitan saluran air ada di wilayah administrasi lain Kota Tangerang kata Kepala DPU Tangsel, Aries Kurniawan lewat keterangan tertulis kepada kabar6.com, Senin (22/2/2021).

Ia sebutkan masalah di tiga wilayah tersebut akibat sampah, adanya pohon tumbang, sedimentasi di Kali Serua dari Pondok Maharta ke Kali Angke. Paling krusial penyempitan lebar kali dari sebelumnya 3 meter menjadi 0,5 meter.

**Baca juga: Genangan Banjir di Tol BSD – Bintaro Dipicu Masalah Klasik.

Aries bilang, masalah utama air Kali Serua itu harus terintegrasi dari hulu ke hilir tidak boleh ada hambatan di sepanjang aliran. Apabila terjadi penyumbatan atau bottleneck maka akan terjadi banjir di satu titik.

“Akan diupayakan penanganan secepatnya, Pemkot Tangsel segera memanggil pihak JRP untuk dicarikan solusinya. Kita juga akan lakukan konsultasi dengan pihak lain untuk membantu, seperti DPRD,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru