oleh

Genangan Banjir di Tol BSD – Bintaro Dipicu Masalah Klasik

Kabar6-Genangan banjir di KM 08 Tol BSD – Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipicu masalah klasik. Kondisi saluran pembuangan air yang tidak memadai sehingga menjadi banjir langganan banjir sejak beberapa tahun belakangan ini.

“Genangan air terjadi disebabkan karena adanya sedimentasi yang ada crossing,” kata Marketing Communication PT Bintaro Serpong Damai, Dimas Adhi, Senin (22/2/2021).

Pengelola jalan berbayar bagi kendaraan roda empat atau lebih itu mengklaim bahwa seluruh sistem drainase jalan tol berfungsi dengan baik dan normal. Genangan air terjadi disebabkan adanya penyempitan kali di sisi jalan tol pada KM 08 Tol Pondok Aren – Serpong.

PT Bintaro Serpong Damai berencana membuat saluran pembuangan langsung dari tol ke Kali Angke. Namun rencana tersebut sempat tidak mendapat rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Kini BBWSCC dikabarkan sudah memberikan sinyal setuju Pelaksanan proyek hanya tinggal rekomendasi teknis pembuatan saluran pembuangan air dari tol ke Kali Angke.

**Baca juga: Rugikan Negara, DJBC Banten Serahkan Tersangka ke Kejari Kabupaten Tangerang.

“Manajemen PT BSD Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh hal tersebut,” ungkap Dimas.

Diketahui, banjir sempat melumpuhkan arus kendaraan yang melintasi Tol BSD – Bintaro pada Jum’at, 19 Februari 2021 kemarin. Masalah serupa pernah terjadi pada April 2019 lalu hingga menyebabkan ratusan rumah warga di Jombang, Kecamatan Ciputat, terendam banjir.(yud)

Berita Terbaru