Home / Banten / Bawaslu Lebak Gelar Rakernis, Evaluasi Pengawasan Kampanye Pemilu
kabar6.com
Rakernis Bawaslu Lebak bersama Panwascam.(Nda)

Bawaslu Lebak Gelar Rakernis, Evaluasi Pengawasan Kampanye Pemilu

Kabar6-Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Pilpres dan Pileg 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), di Hotel Bumi Katineung, Rangkasbitung, Selasa (12/2/2019).

“Kami melakukan evaluasi terkait dengan kampanye yang selama ini sudah dilakukan. Kawan-kawan Panwascam sudah banyak melakukan pengawasan, nah Rakernis ini kami ingin mereview kembali apa kelemahan dan masukan-masukan bagi kami,” kata Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lebak, Ade Jurkoni.

Salah satu yang menjadi bahan evaluasi kata Ade terkait dengan pengisian Form A yang dilakukan panwas.

“Contoh kemarin ada laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye, tetapi ketika di-matchingkan ada beberapa hal yang dilakukan kawan-kawan ternyata tidak teliti, makanya kami sampaikan sekarang alat kerjanya proses pengisiannya harus sesuai dengan yang kami lakukan,” papar Ade.

Ade meminta Panwascam teliti dan cermat dalam melakukan proses pengawasan terhadap setiap kegiatan kampanye yang dilakukan peserta Pemilu.

“Jika terdapat potensi pelanggaran kami harap kawan-kawan bisa mengedepankan pencegahan, jadi kalau bisa dicegah ya pencegahan dulu,” pinta nya.

Komisioner Bawaslu Banten Nuryati Solapari mengatakan, penguatan bagi panwascam penting diberikan selama tahapan kampanye Pemilu 2019.

“Termasuk saat ini kita akan menghadapi persiapan rapat umum pada tanggal 24 Maret.

Kemudian terkait dengan petungsura (penghitungan suara), Solapari menjelaskan bahwa ada sistem untuk pelaporan pengawasan (Suaslum).**Baca juga: Jumlah Pengguna Jasa di Bandara Soetta Menurun.

“Bagaiamana kita melakukan pelaporan secara cepat untuk mengetahui hasil pelaksanaan petungsura,” ucapnya.(Nda)

Check Also

kabar6.com

Bawaslu Keluarkan Rekomendasi ke ASN, Bupati Pandeglang; Tanggungjawab Sendiri

Kabar6-Bupati Pandeglang Irna Narulita menanggapi keluarnya rekomendasi Bawaslu Pandeglang terhadap 14 Aparatur Sipil Negara (ASN) ...