oleh

Bantu Penderita Kanker, Pemerintah India Pangkas Harga Obat Hingga 87 Persen

Kabar6-Pemerintah India memiliki cara khusus agar para pasien kanker mendapat penanganan medis yang terjangkau. Mereka memangkas harga obat-obatan hingga sebesar 87 persen.

Keputusan ini diambil, melansir timesofindia, setelah proses peninjauan data yang dihimpun dari sejumlah produsen obat, dibantu tim National Pharmaceutical Pricing Authority (NPPA), lembaga pengontrol harga obat-obatan yang bertugas di bawah kementerian. Hasilnya, terdapat sembilan obat kanker yang akan dikontrol harga penjualannya oleh pemerintah agar tetap terjangkau oleh masyarakat luas.

“Obat-obatan yang harganya diturunkan ini lazim digunakan untuk terapi beberapa jenis kanker. Potongan harganya akan sangat bermanfaat bagi para pasien, khususnya yang harus berobat dengan biaya sendiri,” jelas Dr. T Raja, pakar onkologi dari Apollo Specialty Hospital. ** Baca juga: Seorang Bayi Dapat Tiket Gratis Selama 25 Tahun Karena Lahir dalam Kereta Api

Diketahui, Februari lalu NPPA juga mengumumkan 42 jenis obat untuk perawatan kanker, 72 formulasi obat, dan lebih dari 390 merek yang harganya akan dipangkas hingga 30 persen.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru