oleh

10 Buah yang Punya Kandungan Gula Tinggi

Kabar6-Kandungan gula yang ada dalam buah pada dasarnya tetap baik untuk dikonsumsi. Hal itu karena gula dalam buah sedikit berbeda dengan gula buatan, yang disebabkan serat dan manfaat kesehatannya.

Seorang ahli nutrisi bernama Lauren Harris-Pincus, RDN, mengatakan bahwa serat dalam buah dapat memperlambat proses gula dan membantu tubuh menyerapnya secara bertahap.

Namun bila Anda adalah seorang penderita diabetes atau sedang melakukan diet khusus seperti keto, disarankan untuk menjaga kadar gula darah. Ya, Anda sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi buah dengan kandungan gula tinggi. Melansir berbagai sumber, ini buah-buahan yang memiliki kandungan gula tinggi:

1. Mangga
Meskipun tinggi gula, buah ini mengandung lebih dari sepertiga vitamin A harian yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

2. Ceri
Kandungan gulanya yang tinggi membuat rasa buah ini seperti permen. Manfaat lain ceri adalah kaya antioksidan penangkal kanker dan kalium untuk pemulihan.

3. Apel
Meskipun memiliki kandungan gula tinggi, buah ini tinggi serat dan kaya antioksidan seperti vitamin C, sehingga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Jeruk
Dengan kandungan gula yang tinggi, disarankan untuk lebih memilih makan langsung buahnya ketimbang dibuat jus, karena seratnya akan membantu memperlambat penyerapan gula.

5. Pir
Buah ini lebih tepat dijadikan camilan karena akan membuat Anda kenyang lebih lama, meski memiliki kandungan gula tinggi.

6. Kiwi
Satu cangkir irisan kiwi mengandung 16 gram gula, sehingga Anda sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi buah ini.

7. Nanas
Terkenal sebagai buah musim panas karena mengandung banyak air sehingga sangat menghidrasi. Namun jangan terlalu banyak dikonsumsi.

8. Anggur
Buah ini sangat manis dan lezat, salah satunya disebabkan oleh kandungan gulanya yang tinggi.

9. Pisang
Selain tinggi gula, pisang juga terkenal tinggi kalori. Namun, dengan jumlah serat yang baik serta banyak kalium dan magnesium, buah ini cocok sebagai antioksidan untuk anti peradangan.

10. Delima
Meski termasuk ke dalam superfood, jika Anda menderita diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak makan buah ini karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. ** Baca juga: Survei Buktikan, Wanita Lebih Tertarik Pria Berperut Buncit Dibanding Perut ‘Kotak-kotak’

Mengonsumsi buah secukupnya atau tidak berlebihan bantu jaga kesehatan Anda.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru