oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Sering Menahan Buang Air Kecil?

Kabar6-Karena beberapa alasan, seperti sedang dalam perjalanan pulang, tidak sedikit orang yang menahan hasrat untuk buang air kecil (BAK) karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Namun apa yang akan terjadi pada tubuh apabila Anda tidak langsung BAK? Dalam sebuah episode SciShow, melansir Grid, Michael Aranda menjelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk menahan BAK, sfingster silindris yaitu kumpulan serabut otot yang bekerja untuk menutup atau membuka jalur alamiah di kandung kemih, akan tertutup erat agar urine tidak bocor melalui uretra. Otot kecil ini melakukan kerjanya dengan baik.

Tetapi jika Anda membuatnya melakukan hal tersebut dengan sering dalam jangka waktu yang lama, maka hal itu sama artinya dengan ‘mengorbankan diri’ untuk masalah kesehatan yang serius, risiko infeksi yang tinggi.

Terus menerus menahan kencing bisa melemahkan otot kandung kemih, yang menyebabkan retensi urine, sebuah kondisi yang membuat Anda sulit mengosongkan kandung kemih saat BAK. Sering kali Anda merasa terdesak ingin buang air kecil, tetapi urine tidak bisa keluar.

Menahan kencing dalam jumlah besar juga bisa mengekspos tubuh Anda terhadap bakteri berbahaya yang bisa meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Tampaknya memang tidak terlalu buruk, kecuali jika Anda mengetahui kisah Tycho Brahe, astronom Denmark dan alkemis di abad ke-16.

Brahe merupakan ilmuwan fantastis. Ia berkontribusi pada berbagai karya ilmiah seperti supernova, komet, dan orbit planet. Meskipun begitu, Brahe mati dengan cara konyol.

Ia menahan kencing dalam waktu yang cukup lama karena sedang berada dalam perjamuan. Brahe percaya, jika ia meninggalkan tempat, itu merupakan pelanggaran etika. Sesampainya di rumah, Brahe ingin segera buang air kecil, namun urinenya sama sekali tidak bisa keluar.

Selanjutnya, Brahe mengalami demam dan mengigau, lalu meninggal dengan cepat saat kandung kemihnya meledak. ** Baca juga: Sejumlah Perubahan Tak Biasa yang Tunjukkan Tanda Wanita Sedang dalam Masa Subur

Namun kasus Brahe itu adalah sesuatu yang langka. Biasanya, seseorang akan mengompol terlebih dahulu sebelum ‘ledakan’ terjadi. Hal yang pasti, hindari terlalu sering menahan kencing, dan jangan jadikan sebagai sebuah kebiasaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru