oleh

Apa Beda Expired Date dan Best Before pada Kemasan Makanan?

Kabar6-Seringkali Anda melihat label yang tertulis ‘Expired Date’ atau ‘Best Before’ pada kemasan makanan, entah itu biskuit, minuman, susu, dan lain sebagainya.

Lantas, apa perbedaan tulisan expired date dan best before? Expired date adalah tanggal kedaluwarsa yang merupakan batas waktu maksimal sebuah produk aman untuk dikonsumsi.

Produk yang telah melewati tanggal expired date’ biasanya akan mengalami perubahan pada rasa, warna, aroma, dan tekstur, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi lagi.

Canadian Food Inspection Agency, melansir Womantalk, menjelaskan bahwa ada lima jenis makanan yang wajib mencantumkan expired date, yaitu susu formula untuk bayi dan produk pengganti ASI lainnya, suplemen makanan, produk pengganti makanan, produk makanan rendah energi, dan produk makanan dalam bentuk cair.

Alasan utamanya, karena faktor nutrisi dan keamanan zat yang terkandung di dalamnya tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Sementara yang dimaksud dengan best before, sesuai dengan artinya, adalah batas waktu di mana produk tersebut memiliki kualitas terbaik jika dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera pada label.

Produk yang telah melewati tanggal best before’ tetap akan mengalami perubahan warna, tekstur, rasa, dan aroma, tetapi masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berbahaya. Hanya saja kualitasnya sudah menurun, misalnya aromanya sudah tidak terlalu menggugah selera atau rasanya tidak seenak biasanya.

Telur, makanan kaleng, makanan atau minuman beku, dan makanan kering, adalah beberapa produk yang biasanya menuliskan tanggal best before ketimbang expired date. ** Baca juga: Merasa Mual Saat Lapar, Ini Alasannya

Jika Anda masih ingin mengonsumsi produk yang melewati tanggal best before, jangan lupa perhatikan rasa, tekstur, warna, dan aromanya. Jika ragu sebaiknya jangan dikonsumsi dan beli makanan baru demi kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru