oleh

Merasa Mual Saat Lapar, Ini Alasannya

Kabar6-Salah satu kondisi yang menandakan ada masalah pada sistem pencernaan Anda adalah rasa mual. Penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk saat Anda merasa lapar.

Pada beberapa orang, lapar atau telat makan bisa memicu kondisi mual terjadi. Terkadang mual ini juga dirasakan saat lapar di pagi hari. Lantas apa penyebabnya?

Seorang ahli gastroenterologis di Cleveland Clinic bernama dr. Christine Lee, melansir Hellosehat, mengatakan bahwa lapar memang bisa bikin perut terasa mual. Ini karena perut manusia akan menghasilkan asam klorida atau asam lambung yang digunakan untuk mengolah makanan agar menjadi energi dan membuat sisanya. Apabila Anda belum makan dalam waktu lama dan merasa lapar, asam lambung dapat menumpuk di dalam perut.

Asam lambung yang menumpuk dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan refluks asam. Efeknya, Anda akan merasa mual seperti mau muntah. Selain itu, ada alasan lain kenapa tubuh terasa mual saat lapar. Kondisi ini terjadi karena lapar dan mual terjadi disebabkan oleh sinyal-sinyal di dalam tubuh.

Nah, sinyal-sinyal tersebut diatur oleh sistem endokrin yang menggunakan aliran darah untuk berkomunikasi. Sinyal ini akan diproses tubuh menjadi hormon agar informasinya bisa sampai ke otak.

Sayangnya, menurut dr. Lee ada beberapa orang yang tubuhnya sensitif terhadap kadar hormon tinggi. Sensitivitas terhadap hormon ini dapat membuat beberapa orang mengalami mual ringan ketika mereka lapar.

Namun, apabila kondisi lapar sampai menyebabkan mual parah, ini bisa menandakan adanya kelainan atau masalah kesehatan lain, bukan sekadar lapar. ** Baca juga: Diet Antikanker Agar Sehat Lebih Lama

Ketika telat makan, lapar, dan muncul rasa mual mendera, Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang bisa meredakan mual. Makanan yang dimaksud antara lain pisang, sop ayam, atau nasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru