oleh

Almarhum Habibie Pesan ITI di Tangsel agar Berubah Status

Kabar6-Almarhum mantan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie pernah menyampaikan pesan terhadap perguruan tinggi yang didirikannya di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang terletak di Kecamatan Setu harus naik statusnya.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum di Aula Gedung G ITI lantai 3. “Sebelum beliau meninggal, saya sudah bicara ke Pak Presiden Joko Widodo, bahwa Banten memerlukan sebuah institut negeri,” katanya, Jum’at (13/9/2019).

Airlangga bilang, amanah tersebut juga pernah disampaikan almarhum Habibie ke Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Apalagi status ITI berdiri di atas lahan milik negara.

Airlangga dalam kesempatan ini turut didampingi Kepala BPSDM Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto.

**Baca juga: Puspiptek, Maha Karya Peninggalan BJ Habibie di Tangsel.

“Pak Eko ini membawahi 10 politeknik dan 11 SMK di Kementerian Perindustrian, dimana menjadi percontohan dan di nasionalkan programnya,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany membenarkan adanya pesan Habibie. Airin bersama dengan Airlangga dan keluarga besar ITI akan memperjuangkan ITI menjadi institute negeri di Banten.

“Sedang dalam kajian, dan penyelesaian legalnya, jika sudah akan dibahas bersama-sama,” ujar Airin.(yud)

Berita Terbaru