oleh

Penampakan Hantu Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

image_pdfimage_print

Kabar6-Usai menonton film horor, seringkali Anda dilanda ketakutan akan teror hantu dalam tayangan tadi. Atau saat sedang berjalan sendiri di sebuah daerah sepi dan gelap, perasaan takut melihat penampakan hantu seringkali muncul.

Benarkah penampakan hantu memang benar adanya? Ternyata, penampakan hantu dapat dijelaskan dijelaskan secara ilmiah. Beberapa orang yang dapat melihat penampakan hantu, melansir conversation, bisa terjadi karena kesalahan pada sistem kerja otaknya. Kejadian ini dapat terjadi kemungkinan karena seseorang terlalu lelah.

Pada sebuah penelitian disebutkan, saat pikiran seseorang sedang tidak fokus dan banyak tekanan serta kurang tidur dan kelelahan, otak manusia akan berada dalam kondisi tidak fokus, yang lalu berimbas pada penglihatan.

Saat itulah, otak lalu akan berusaha mengisi informasi sekitar dengan informasi visual yang tidak lengkap. Pikiran Anda lalu dapat memberikan gambaran yang tidak sepenuhnya benar. Hal ini lalu mengakibatkan proses melihat penampakan hantu berlangsung begitu cepat dan singkat.

Secara psikologi, fenomena saat seseorang melihat hantu dapat disebut sebagai histeria massa. Tekanan jangka panjang biasanya yang membuat seseorang merasa mudah pusing, mual, hingga kejang-kejang. Hal yang terjadi kemudian adalah perasaan seperti melihat penampakan hantu, padahal itu bisa saja terjadi karena pengaruh cara kerja otak ini.

Penelitian lainnya beranggapan, jika fenomena penampakan hantu ini terjadi karena sugesti berdasarkan image atau gambar terakhir yang dilihat. Misalnya, saat Anda menonton film horor, pasti akan langsung merasa was-was dan ketakutan, dan otak akan mulai menciptakan berbagai skenario yang belum tentu benar terjadi.

Sugesti yang muncul ini bahkan sampai bisa menimbulkan dan masuk pada tahap halusinasi yang cukup berbahaya. ** Baca juga: Hasil Penelitian Temukan Asal Usul Mimpi Buruk

Jadi, percayakah Anda pada penampakan hantu?(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email