oleh

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Yakuza

image_pdfimage_print

Kabar6-Yakuza adalah nama dari sindikat terorganisir di Jepang. Organisasi ini sering juga disebut mafia Jepang, karena ada kesamaan dengan bentuk organisasi yang asalnya dari Italia tersebut.

Sejarah panjang Yakuza dimulai kira-kira pada 1612, saat Shogun Tokugawa berkuasa dan menyingkirkan shogun Kasai sebelumnya. Pergantian ini mengakibatkan kira-kira 500 ribu orang samurai yang sebelumnya disebut hatomo-yakko (pelayan shogun) menjadi kehilangan tuan, atau disebut sebagai kaum ronin.

Meskipun menjadi salah satu organisasi terkenal, tidak banyak orang yang tahu tentang seluk-beluk Yakuza. Dilansir unikgaul, ini dia fakta menarik tentang Yakuza:

1. Jagoan di jalan
Bisnis Yakuza tak jauh dari pemerasan, dan mencari uang dengan jalan tak halal. Masyarakat pun takut pada Yakuza yang juga jadi jagoan di jalan. Misalnya jika ada Yakuza menyetop taksi, pasti taksi itu akan langsung berhenti. Para sopir taksi takut jika tak berhenti akan dicatat nomor taksi dan ‘dikerjai’ anggota Yakuza lain.

2. Agar aman di penjara
Dunia Yakuza identik dengan kekerasan. Tak jarang mereka harus berurusan dengan polisi dan akhirnya masuk sel. Di penjara, narapidana tak akan berani mengganggu anggota Yakuza.

3. Hormat pada pemimpin
Yakuza identik dengan tubuh yang dipenuhi tato di sekujur tubuhnya. Untuk membuat tato tersebut, mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit bahkan menembus angka ratusan juta rupiah. Banyak yang keliru, sebenarnya tidak ada tato khusus di Yakuza.

Hanya etika kepada Komicho (ketua geng), jadi kelihatannya tatonya mirip. Jadi sebagai rasa hormat untuk pemimpin. Awalnya ada dua warna dasar yang menjadi keharusan yaitu merah dan hitam.

4. Kebanggaan mengalahkan rasa sakit
Untuk mentato tubuh tidak bisa sekaligus karena zat untuk tato itu mengandung racun. Dalam seminggu hanya boleh dua kali, paling banyak tiga kali pengerjaan tato. Maka tidak heran dibutuhkan waktu yang lama untuk memenuhi tubuh dengan tato.

5. Menyukai keindahan & seni tato
Putri bos Yakuza, Shoko Tendo, begitu kagum melihat tato di seluruh tubuh Yakuza. Setelah berusia 21 tahun, Shoko mulai menato tubuhnya. Menurut Shoko, tidak ada keharusan seorang Yakuza untuk bertato. “Tidak ada paksaan. Saya melakukannya karena senang pada tato,” kata Shoko.

Gadis ini mulai kecanduan menghiasi tubuhnya dengan rajah. Hampir seluruh lekuk tubuhnya dihiasi tato. Nyaris tidak tersisa lagi yang tak tersentuh tato. Prosesnya empat bulan kira-kira untuk seluruh tato. Diketahui, Shoko memiliki tato besar bergambar wanita dengan pisau di mulutnya. ** Baca juga: Islandia Luncurkan Permen Karet Ramah Lingkungan

Wow…(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email