oleh

6 Kondisi yang Tunjukkan Seseorang Paling Ingin Mengemil

Kabar6-Mengemil menjadi kebiasaan banyak orang yang dilakukan saat senggang, bekerja, berkumpul bersama teman-teman, atau bahkan menjelang tidur. Ada banyak camilan yang menjadi favorit, mulai dari manis, gurih, atau pedas.

Nah berdasarkan sebuah penelitian, melansir Womenshealthmag, terdapat enam kondisi di mana seseorang paling ingin mengemil. Kapan sajakah itu?

1. Acara khusus atau spesial
Kunci utama untuk mengatasi keinginan Anda untuk mengemil di saat ini adalah dengan menentukan apa itu yang dimaksud dengan spesial.

Tentukan acara apa saja yang sangat spesial dan apa yang tidak spesial, kemudian beritahukan pada diri sendiri bahwa Anda hanya akan mengemil di acara khusus atau spesial tersebut.

Jadi apa yang dimaksud dengan acara spesial atau khusus? Bila acara tersebut terjadi lebih dari satu kali sebulan, maka acara tersebut bukanlah suatu acara spesial.

2. Saat ada makanan
Apakah selalu ada makanan di tempat kerja Anda? Untuk membantu menahan keinginan mengemil, maka akan lebih baik bila Anda menetapkan waktu tertentu untuk mengemil, misalnya pukul 11.00 atau pukul 16.00.

3. Saat stres
Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengemil karena stres, bosan, marah atau sedih. Namun bila Anda selalu melakukan hal ini, maka berhati-hatilah. Sebagian besar orang justru merasa makin buruk setelah selesai mengemil, karena mereka justru marah terhadap dirinya sendiri, setelah gagal menahan godaan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda selalu mengingatkan diri sendiri bahwa makan tidak akan membuat kita merasa lebih baik, dan lakukanlah berbagai hal lain seperti berolahraga atau berbagai hal lainnya yang Anda sukai.

4. Saat menginginkan suatu penghargaan
Saat kecil, orangtua mungkin pernah menghadiahi Anda dengan makanan karena telah berhasil mengerjakan semua tugas sekolah, dan membuat Anda berpikir bahwa makanan adalah sebuah hadiah.

Ketimbang membeli makanan sebagai hadiah, Anda dapat menggantinya dengan melakukan berbagai hal lainnya seperti pergi ke salon atau berolahraga. Dengan demikian Anda benar-benar menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu hal yang berguna.

5. Pukul 15.00
Saat Anda mulai merasa lesu atau bosan di siang atau sore hari, maka keinginan untuk mengemil pun akan terasa sangat menggoda karena merasa seakan-akan Anda membutuhkan hal tersebut.

Namun hal ini juga dapat merupakan akibat dari rasa haus. Karena itu, lebih baik bila Anda mencoba mengonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum mulai mencari camilan sore. ** Baca juga: 6 Olahraga yang Bantu Lepaskan Stres

Selain itu, cobalah untuk berjalan-jalan sejenak sehingga Anda pun dapat merasa lebih bertenaga. Namun bila Anda telah melakukan keduanya dan tetap merasa lapar, maka Anda mungkin memang benar-benar membutuhkan camilan.

Pilihlah camilan yang mengandung protein dan serat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru