Home / Aneka Berita / Busyet Dah / 4 Suku di Dunia yang Punya Kemampuan Khusus
Suku Tsimane di Bolivia,(Wiredbugs)

4 Suku di Dunia yang Punya Kemampuan Khusus

Kabar6-Beberapa suku di dunia ini diketahui memiliki kemampuan khusus, yang tidak terdapat pada manusia biasa. Hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang mereka konsumsi, atau lingkungan tempat mereka tinggal.

Suku apa saja di dunia ini yang memiliki kemampuan khusus atau kelebihan? Melansir nationalgeographic, ini dia empat suku yang dimaksud:

1. Suku Kalenjin, Kenya
Dalam setiap kompetisi lari, hampir selalu ada seorang Kenya yang berhasil merebut posisi sebagai pemenang. Ya, Kenya memiliki banyak atlet pelari marathon terbaik.
Kebanyakan dari mereka ternyata berasal dari suku yang sama yaitu suku Kalenjin. Ilmuan dan peneliti mencoba menganalisis mengapa suku Kalenjin sangat cepat dalam berlari.

Rupanya, selain karena diet kaya pati dan mengonsumsi buah kaya serat, faktor yang berperan dalam kemampuan berlari mereka adalah faktor sosial dan genetik. Mereka memiliki pergelangan kaki yang kecil dan betis yang kuat. Bentuk badan mereka juga ramping dan sempurna untuk berlari.

2. Suku Bajau, Indonesia
Peneliti dari Cambridge University menemukan bahwa suku Bajau dapat menyelam dengan sangat lama karena tubuh mereka telah beradaptasi dengan cara hidup ini. Orang-orang suku Bajau, seperti dilansir dari The Scientist, diketahui tinggal di desa pesisir yang tersebar di sebagian besar wilayah Asia Tenggara.

Mereka sering berburu ikan dan kerang. Mereka sering menggunakan tombak tradisional dan peralatan sederhana lainnya untuk mengumpulkan ikan dan kerang. Dengan menahan nafas yang panjang, mereka dapat melakukan perburuan dengan cara menyelam. Kehidupan seperti inilah yang dilakukan secara turun temurun yang kemudian membuat mereka mengembangkan kemampuan pernapasan.

3.Suku Moken, Indonesia
Suku Moken juga memiliki kemampuan menyelam yang sangat baik. Bedanya, mereka mampu melihat kondisi bawah air dengan sangat jelas tanpa bantuan kacamata dan alat lainnya. Anak-anak dari suku Moken dapat menemukan benda kecil di dalam air dengan penglihatan yang jelas.

Pada 1999 silam, peneliti dari University of Lund bernama Anna Gislen, tinggal bersama suku Moken dan mempelajari kekuatan spesial yang mereka miliki. Anna menyadari bahwa penglihatan anak-anak di suku Moken di dalam air dua kali lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak di Eropa.

4. Suku Tsimane, Bolivia
Suku Tsiname memiliki tingkat penyakit jantung yang sangat rendah. Bahkan mereka juga memiliki tekanan darah dan kolesterol yang rendah. Peneliti kemudian menghubungkan kemampuan ini dengan pola makan dan gaya hidup suku Tsimane. Mereka mengonsumsi karbohidrat yang tidak diolah dengan lemak dan protein. Dan, protein yang mereka konsumsi berasal dari ikan yang ditangkap. ** Baca juga: Rugi Bandar, Truk Isi Ramen Senilai Rp1,4 Miliar Raib

Luar biasa.(ilj/bbs)

Check Also

Kasihan, Kaki Seorang Bayi Hangus Gara-gara Pengering Rambut

Kabar6-Malang benar nasib seorang bayi asal Xincai, Provinsi Henan, Tiongkok, ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki ...