oleh

250 Peserta Antusias Ikuti Lomba Menulis Artikel yang Digelar Dindikbud Tangsel

Kabar6-Ratusan orang mahasiswa, pelajar dan siswa di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti lomba menulis artikel situs cagar budaya. Kegiatan ini lanjutan dari lawatan sejarah daerah yang sebelumnya mereka ikuti.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh 40 peserta dari mahasiswa, pelajar dan umum. Mereka merupakan kontestan yang telah terseleksi dari 250 peserta pendaftar.

40 peserta membacakan pidato kedepan tentang cagar budaya yang berada di Kota Tangsel. Ada salah seorang pelajar yang berpidato prihatin akan cagar budaya yang minim dan kalah ekspos dengan mall-mall besar yang berada di kawasan Kota Tangsel.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, menulis artikel situs cagar budaya akan menambah hasanah. Anak-anak sekarang bukan jadi anak milenial yang seluruh ruh nya dipenuhi oleh teknologi informasi. Tetapi ruhnya harus diperkaya dengan budaya.

kabar6.com
Ratusan orang mahasiswa, pelajar dan siswa di Kota Tangsel mengikuti lomba menulis artikel situs cagar budaya.(Yud)

“Jika tidak mengenal budaya kita akan menjadi separuh robot. Budaya akan mengimbangi jalan pikir otak. Tidak semua fenomena dunia kita serahkan pada teknologi. Akal pikiran perlu dibantu oleh kebudayaan dan kesenian,” jelasnya di Balakota Tangsel, Rabu (16/10/2019).

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono mengatakan, hari ini adalah pelaksanaan kegiatan yang telah dimulai sejak 30 September. Rangkaian kegiatan berupa berbagai lomba terkait dengan apresiasi untuk menanamkan nilai-nilai sejarah dan budaya di generasi muda.

“Yaitu lomba penulisan artikel situs budaya, ini luar biasa,” ujarnya. Taryono menjelaskan, ini adalah lanjutan dari Laseda, memberikan sosialisasi tentang budaya.

Kemudian, terangnya, para peserta dibawa ke situs-situs budaya yang ada di Tangsel dan hari ini remaja diajak lomba menulis.

“Ini adalah hasil seleksi sekian banyak awalnya 250 dan kini yang hadir adalah 40 dari pelajar mahasiswa dan umum, mudah-mudahan ini representasi pemuda Tangsel,” paparnya.

kabar6.com
Ratusan orang mahasiswa, pelajar dan siswa di Kota Tangsel mengikuti lomba menulis artikel situs cagar budaya.(yud)

Taryono bilang, pihaknya mengharapkan banyak dari kegiatan ini untuk bisa menghasilkan generasi muda yang memahami betul nilai-nilai budaya lokal Tangsel. Paham, mencintai, melestarikan, yang ujungnya adalah membangun karakter yang berbasis pada nilai-nilai budaya lokal Tangsel.

“Saya yakin temen-temen dan adik-adikku semua pasti bisa, kita semua generasi tua mengharapkan adik-adik semua menjadi orang-orang hebat dan mampu menjadi pemimpin bangsa yang lebih baik kedepan. Kita kejar kemajuan negara lain yang deluan maju,” jelasnya.

Selesainya sambutan, acara tersebut dilanjutkan, sampai seluruh peserta membacakan pidatonya, kemudian dinilai oleh dewan juri.**Baca juga: Dindikbud Tangsel Belajar Kembangkan Wisata Halal di Lombok Barat.

Ini adalah pemenang ‘Lomba Menulis Artikel Situs Cagar Budaya’

1. Jessica dari UIN Syarif Hidayatullah
2. Maria Octa dari SMAN 7 Tangsel
3. Alisa Diana dari SMAN 7 Tangsel
4. Juara Favorit: Nisa Rustiyanti.(adv)

Berita Terbaru