oleh

Yuk, Turunkan Kolesterol Secara Alami dengan Konsumsi 4 Buah Ini

Kabar6-Kolestrol adalah lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Bilaa di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Kolestrol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

Kolestrol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL).

Namun Anda bisa mencegah atau bahkan mengurangi kadar kolesterol secara signifikan dengan menerapkan pola hidup sehat dan lebih selektif memilih menu makanan. Dilansir Live Strong, berikut adalah empat jenis buah yang bantu turunkan kolesterol secara alami:

1. Alpukat
Menurut World’s Healthiest Foods, engonsumsi buah-buahan yang mengandung niacin atau juga dikenal dengan sebutan vitamin B3 memiliki khasiat untuk menurunkan produksi serta mengeleminasi kolesterol di dalam tubuh. Nah, makanan yang menjadi sumber niacin terbaik untuk tubuh adalah alpukat dan beberapa jenis sayuran sayuran seperti asparagus, jamur, jagung, brokoli, wortel, hingga paprika.

2. Jeruk
Selain niacin, nutrisi esensial lainnya yang diperlukan tubuh adalah vitamin C. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk mencegah oksidasi dan menurunkan kolesterol. Sumber vitamin C yang baik untuk tubuh bisa Anda dapatkan dari buah sitrus seperti, jeruk dan jeruk bali, atau buah-buahan lainnya seperti kiwi, blackberi, mangga, markisa, nanas, dan stroberi.

3. Jambu biji
Buah yang mengandung vitamin E seperti blackberry, blueberry, cranberry, jambu biji, kiwi, mangga, dan pepaya membantu mencegah pertumbuhan plak dalam pembuluh darah. Vitamin E juga dipercaya ampuh mengurangi oksidasi kolesterol yang menjadi salah satu faktor penyumbatan arteri di dalam tubuh.

4. Serat larut
Memilih buah dan sayuran yang kaya akan serat larut juga sangat membantu tubuh dalam menurunkan kadar LDL. Serat larut yang ditemukan pada buah-buahan diklaim dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam sistem tubuh. Untuk mengdapatkan nutrisi esensial ini, Anda bisa mengonsumsi apel, pir, buah stiru, apricot, plum, dan beberapa jenis sayuran seperti kacang polong, labu, wotel, jagung, kol, ubi jalar, dan kubis. ** Baca juga: Ilmuwan: Konsumsi Ikan Bantu Kurangi Pengikisan Daya Ingat

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru