oleh

Ilmuwan: Konsumsi Ikan Bantu Kurangi Pengikisan Daya Ingat

Kabar6-Para ahli menganjurkan agar kita mengonsumsi asupan seperti ikan, untuk menghindari penurunan daya ingat. Banyak ilmuwan berpendapat, mengonsumsi ikan akan membantu mengurangi pengikisan daya ingat.

Sebuah jurnal yang dilansir Food and Wine mengungkapkan, hanya makan seafood seporsi dalam sepekan dapat bantu mencegah pengikisan daya ingat akibat usia. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan mampu mendukung struktur otak. Peneliti di Rush University Medical Center menemukan bahwa makanan yang berbungkus asam lemak dapat mempertahankan ingatan seiring bertambahnya usia. Meskipun kemampuan kognitif biasanya menurun sebagai bagian dari proses normal penuaan, ada yang dapat kita lakukan untuk mengurangi proses ini.

Studi yang dilakukan terhadap 915 orang dewasa dengan rata-rata berusia 81 tahun selama periode lima tahun, menemukan bahwa partisipan yang melaporkan makan ikan setidaknya sekali sepekan menunjukkan sedikit saja penurunan ingatan dan persepsi dibanding mereka yang jarang makan ikan.

Dalam periode lima tahun, orang dewasa yang bebas pikun dites sekali setahun untuk memonitor pergeseran kemampuan kognitif secara bertahap. Studi juga menemukan bahwa kemampuan perseptual, keterampilan visuospatial, dan beragam jenis ingatan mereka sering makan ikan, lobster, kepiting, udang, dan beragam seafood lain dalam diet cenderung menunjukkan sedikit saja mengalami penurunan kekuatan mental.

Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi omega-3 dalam jumlah tinggi, dapat meningkatkan tingkat persepsi otak. Ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya bahwa omega-3 benar dapat meningkatkan volume fisik otak. ** Baca juga: Mengapa Saat Bersepeda Disarankan Pakai Helm?

Yuk, makan ikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru