oleh

Yuk, Lakukan Diet Sesuai Kebutuhan Tubuh

Kabar6-Diet selalu dihubungkan dengan kegiatan mengurangi porsi makan agar berat badan turun. Faktanya, diet sendiri berarti pengaturan makanan untuk tujuan tertentu, terutama demi kesehatan.

Bagaimana seharusnya diet dilakukan? Melansir womantalk, diet harus dilakukan sesuai kebutuhan dan pendampingan pakar agar tidak berdampak buruk pada kesehatan. Bagaimana caranya? pertama adalah mengenali status gizi dari proporsi tubuh, dengan menghitung berat badan dibagi tinggi dalam meter kuadrat. Misalnya berat badan 54 kg dibagi 2,56 (1,6 meter kuadrat), hasilnya 21. Nah, angka 21 inilah status gizi Anda saat ini.

Angka 18,5 sampai 24,5 itu status gizi baik, tapi lebih dari itu bisa digolongkan overweight, atau malah obesitas. Jadi harus tahu dulu status gizi kita apakah sudah ideal, kurus, atau kelebihan. Setelah itu baru kita bisa merencanakan diet agar lebih sehat.

Hal lain, tubuh kita memerlukan 25 kalori per kg berat badan. Artinya, apabila berat badan Anda 60 kg, maka kebutuhan kalori harian Anda adalah 1.500 kalori. Jadi siarankan untuk mengurangi 300-500 kalori dari kebutuhan kalori harian Anda agar bisa turun 1-2 kg per bulan.

Berat badan turun dua sampai empat kilogram per bulan masih dianggap aman. Lebih dari itu, dalam waktu sebulan, massa otot yang berkurang. Penurunan massa otot berpengaruh pada metabolisme kita. Jadi yang seharusnya disingkirkan itu lemak jahat, bukan massa otot.

Selanjutnya adalah mengatur kalori harian dalam porsi makan. Misalnya kebutuhan kalori harian tubuh Anda adalah 1.500 kalori, untuk turun berat badan maka upayakan untuk mengonsumsi makanan sebesar 1.200 kalori saja. Kemudian, bagi angka tersebut dalam 3x makanan utama dan 2x makanan selingan. ** Baca juga: Ini Buah dengan Kadar Gula Rendah

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru