oleh

Yuk, Bahagia Agar Sehat

Kabar6-Emosi positif ternyata berpengaruh pada tingkat peradangan seseorang. Tingkat peradangan yang rendah dalam tubuh akan menurunkan risiko penyakit seperti diabetes dan jantung.

Penelitian dalam jurnal Emotion, melansir nova.id, melihat adanya keterkaitan antara rentang dan variasi perasaan dalam hati yang berperan dalam kesehatan manusia. Rentang emosi itu dapat memperbaiki kesehatan fisik, mental, serta mencegah kelesuan. Sekira 175 orang peserta diperintahkan untuk mencatat pengalaman emosional diri selama satu bulan penuh terkait 32 emosi yang berbeda. Masing-masing 16 emosi positif (seperti antusias, tertarik, dan santai) dan 16 emosi negatif (seperti takut, kesal, gelisah, dan lelah).

Enam bulan kemudian, para ilmuwan menguji sampel darah mereka untuk menandai peradangan sistemik dan faktor risiko untuk mendeteksi kondisi kesehatan kronis serta kematian dini. Hasilnya, orang dengan rentang emosi positif yang bervariasi memiliki peradangan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami variasi emosi positif.

Penulis utama Anthony Ong, dari Cornell University, menduga bahwa emosi positif ini akan mengenali situasi mental dan membuat seseorang merasa lebih tenang dan bersemangat.

“Ketika kita menanamkan emosi positif dalam prakti sehari-hari, emosi batin dapat mengenali situasi mental yang membuat kita merasa tenang dan bersemangat,” jelasnya. ** Baca juga: Redakan Nyeri Haid dengan Konsumsi 4 Makanan Sehat

Jadi jangan lupa bahagia, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru