oleh

Tidur Teratur Berikan 4 Manfaat Menyehatkan

Kabar6-Kesehatan seseorang dipengaruhi juga oleh pola tidur yang baik. Dampak pola tidur buruk bisa membuat Anda rentan sakit hingga produktivitas menurun.

Profesor Colin Espie dari Nuffield Department of Clinical Neuroscience University of Oxford, juga salah satu pendiri Sleepio mengatakan, pola tidur setiap orang berbeda-beda.

“Membiasakan pola dengan baik untuk kenyamanan pribadi Anda adalah strategi yang terbaik. Kami tahu dari pengalaman setiap hari akan berbeda,” ungkap Espie.

Pola tidur yang buruk atau tidak cukup dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, mulai dari suasana hati, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Tak hanya itu, produktivitas di tempat kerja juga ikut terpengaruh.

Setiap individu, menurut Espie, harus menemukan apa yang mereka butuhkan secara pribadi, lalu menjadikan kebiasaannya berulang, termasuk pola tidur yang sehat. Melansir MSN, berikut manfaat tidur teratur dan pola tidur yang baik:?

1. Kekebalan tubuh
Pola tidur yang buruk membuat Anda rentan terserang ifneksi seperti pilek maupun flu. Kurang tidur juga dapat mengurangi kekebalan tubuh, sehingga Anda mudah terserang penyakit. Karena itu, jika pola tidur teratur dan jarang begadang, dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara sehat.

2. Kesehatan jiwa
Survei bagi pengidap kecemasan atau depresi menghitung kebiasaan tidurnya, ternyata sebagian besar dari mereka tidur kurang dari enam jam dalam semalam. Jika pola tidur memburuk, kesehatan jiwa juga ikut berpengaruh. Karena itu jika pola tidur teratur, tidak hanya kesehatan fisik saja, melainkan juga mental.

3. Mencegah diabetes
Penelitian menunjukkan, orang yang biasanya tidur kurang dari lima jam semalam memiliki peningkatan risiko terkena diabetes. Karena itu, tidur yang sehat juga memengaruhi agar terhindar dari penyakit diabetes.

4. Meningkatkan gairah seks
Pria dan wanita yang tidak memiliki kualitas tidur yang cukup memiliki libido rendah dan kurang tertarik pada seks. Kadar testosteron yang lebih rendah juga ikut berpengaruh.

Karena itu, jika memiliki pola tidur yang sehat, tidak hanya menyehatkan secara fisik dan mental, melainkan gairah seks yang baik bagi pasangan. ** Baca juga: 5 Bahaya Diet Ekstrem yang Harus Anda Ketahui

Mulailah mengatur pola tidur, sehingga kesehatan fisik dan mental Anda tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru