oleh

Tidak Hanya Jadi Haus, Camilan Asin pun Bikin Anda Tambah Lapar

Kabar6-Selain sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, gemar konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih atau camilan asin seperti keripik kentang, keriping singkong dan sejenisnya, ternyata bisa meningkatkan rasa haus dan lapar.

Saat mengonsumsi camilan asin, seringkali Anda tanpa sadar sulit untuk berhenti. Sebuah penelitian, melansir DetikHealth, menemukan bahwa makanan asin mengurangi rasa haus dan meningkatkan rasa lapar, karena kebutuhan energi yang lebih tinggi. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Investigation menunjukkan sesuatu yang berbeda, garam tetap ada dalam urine, sementara air kembali ke ginjal dan tubuh.

Disebutkan, rasa asin pada makanan disebabkan olah kandungan natrium yang tinggi. Biasanya makanan yang terlalu asin ini tinggi kalori, dan malah membuat rasa di lidah menjadi kering serta berasa haus, sehingga seseorang akan menjadi banyak minum.

Apabila Anda mengonsumsi makan asin terus menurus, akan membuat beban ginjal dan jantung berlebih sehingga dapat menyebabkan hipertensi.

Rasa asin, manis, pedas, adalah bentuk reaksi pengecapan dan tidak ada hubungan langsung terhadap rasa lapar. Tapi makanan yang terlalu manis juga biasanya membuat kadar gula darah terlalu cepat naik dan cepat juga turun sehingga membuat cepat lapar juga.

Rasa kenyang yang lama bisa dipertahankan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya karbohidrat lepas lambat, protein tinggi dan serat, serta biji-bijian. Pilihlah camilan yang kalorinya terkontrol dan tidak membuat rasa lapar terlalu cepat.

Jadi, pilih yang berasal dari biji-bijian multigrains dan serat tinggi seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack. ** Baca juga: Kuku Jari Tangan Bisa Beritahukan Anda Sedang Stres

Camilan seperti biji-bijian dan yang mengandung serat tinggi dapat mengontrol gula darah, agar tidak langsung meningkat tajam ketika dikonsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru