oleh

Tak Hanya Sedap Dipandang Mata, Ini 5 Manfaat Hirup Aroma Bunga

Kabar6-Tidak sedikit orang menyukai aroma bunga yang harum dan segar. Bahkan, sejumlah parfum hingga produk kebersihan pun memanfaatkan bunga sebagai bahan alami penghasil aroma.

Namun tahukah Anda, melansir popmama, menghirup aroma bunga ternyata memiliki sejumlah manfaat? Apa sajakah itu?

1. Minimalisir stres dan insomnia
Refreshing tak selalu harus dilakukan dengan berlibur. Ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan menghirup aroma bunga.

Ya, aroma bunga dapat mengurangi stres dan depresi, karena memiliki khasiat sebagai penenang alami. Gejala stres yang berujung pada insomnia pun juga akan hilang apabila Anda memanfaatkan aroma bunga. Jenis bunga yang sangat ampuh untuk meminimalkan stres dan insomnia adalah lavender.

2. Beri efek penenang bagi otak
Aroma bunga akan memberikan sinyal positif pada otak. Ketika menghirup aromaa bunga, maka sistem otak yang mengatur saraf dan emosi akan menjadi lebih tenang, dan Anda akan menjadi lebih rileks.

Salah satu aroma bunga yang bisa dihirup adalah melati. Bunga berwarna putih ini mempunyai aroma yang sangat menenangkan. Anda bisa menghirup aroma melati sebelum tidur, sehingga istirahat menjadi lebih berkualitas.

3. Tingkatkan konsentrasi
Keharuman bunga rosemary diyakini membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga fokus kinerja otak lebih maksimal. Aroma yang dihasilkan tanaman ini juga meningkatkan kecepatan dan akurasi yang berhubungan dengan tugas-tugas mental Anda.

4. Maksimalkan mimpi indah saat tidur
Manfaat aroma bunga lainnya yaitu dapat memberi efek positif dan menciptakan mimpi indah. Anda yang menghirup aroma bunga akan memiliki peluang mimpi indah lebih besar.

Menghirup aroma bunga yang segar mampu meminimalkan risiko mimpi buruk ketika sedang tidur. ** Baca juga: Kapan Tubuh Perlu Detoks?

5. Tingkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
Apabila sirkulasi darah sedang tidak lancar, menghirup aroma bunga sedap malam akan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Bernapas jadi lebih lega, zat sisa dikeluarkan dengan baik, dan hal ini juga memperbaiki kondisi nyeri sendi mengobati rematik secara alami. Jadi, tak ada salahnya menaruh bunga sedap malam dalam vas bunga di rumah.

Manfaat yang tak terduga, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru