Perkiraan Usia Harapan Hidup Bisa Dilihat dari Lingkar Pinggang?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lingkar pinggang diketahui sebagai cara pengukuran sederhana yang akan menunjukkan banyak mengenai usia harapan hidup Anda.

Analisis polling yang dilakukan terhadap 650 ribu orang dewasa menemukan, ukuran lingkar pinggang merupakan ukuran penting ketika Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan sebenarnya. Dilansir Mayoclinic, hasil dari pengukuran ini sendiri bersifat independen, sama seperti usia, BMI, aktivitas fisik, riwayat merokok dan penggunaan alkohol.

Secara spesifik, data ini menunjukkan bahwa pria dengan lingkar pinggang 110 cm ternyata memiliki risiko kematian lebih besar dibandingkan pria yang memiliki lingkar pinggang 95 cm.

Sementara wanita dengan ukuran lingkar pinggang 95 cm memiliki risiko 80 persen lebih besar mengalami kematian dibandingkan wanita yang memiliki lingkar pinggang 70 cm. Perkiraan usia harapan hidup akan terus menurun seiring dengan semakin besarnya lingkar pinggang.

Lingkar pinggang besar merupakan tanda adanya penimbunan lemak di daerah perut, yang berhubungan dengan obesitas. Berbagai penyakit yang terkait dengan obesitas misalnya saja diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

Bagaimana cara mengukur lingkar pinggang? Pertama temukan tulang pinggul di perut. Kemudian lingkarkan pita pengukur di sekitar tubuh setinggi tulang pinggul Anda. Terakhir, pita pengukur harusnya paralel dengan lantai. ** Baca juga: Tidak Hanya Usir Pegal, Ada 3 Manfaat Menakjubkan Lakukan Refleksiologi

Aktif secara fisik, pola makan sehat dan menjaga porsi makan dengan baik akan sangat berpengaruh pada lingkar pinggang Anda dan kesehatan secara menyeluruh.(ilj/bbs)