oleh

Makanan yang Bantu Produksi Pigmen Kulit

Kabar6-Pigmen adalah zat pewarna tubuh manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Banyak atau sedikitnya pigmen mempengaruhi warna kulit seseorang. Namun, ada kalanya warna kulit berubah karena penyakit kelainan pigmen.

Macam-macam warna kulit manusia dipengaruhi oleh zat pigmen tubuh yang disebut melanin, juga turut berperan dalam memberi warna rambut dan mata. Melanin merupakan zat warna yang melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya sinar matahari.

Produksi melanin dapat meningkat seiring waktu, membuat kulit tampak lebih hitam dan melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

Untuk membantu proses pembentukan melanin ini, melansir Livestrong, Anda perlu mengonsumsi makanan yang menyediakan nutrisi tepat dan diperlukan oleh tubuh. Makanan apa saja yang dimaksud?

1. Berbagai produk hewani
Berbagai produk hewani mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan untuk membantu proses pembentukan melanin di dalam tubuh.

Salah satunya adalah tembaga, dapat ditemukan pada tiram, berbagai jeroan terutama hati dan kerang. Makanan lain yang juga diperlukan untuk pembentukan melanin adalah daging ayam, daging kalkun, ikan, susu dan keju.

2. Kedelai dan biji-bijian
Kedelai berperan dalam pembentukan melanin di dalam tubuh karena mengandung tirosin (suatu jenis asam amino). Asam amino ini diperlukan tubuh untuk membentuk protein.

Selain kedelai, tirosin juga dapat ditemukan pada kuaci (biji labu) dan biji wijen. ** Baca juga: Apa Sebab Anda Mudah Memar?

3. Berbagai makanan Lainnya
Berbagai makanan lainnya yang juga mengandung sedikit tirosin dan tembaga serta berbagai nutrisi lain yang dapat membantu tubuh membentuk melanin adalah kacang almond, kacang tanah, kacang kering, sayuran berdaun hijau, alpukat, pisang, berbagai produk olahan dari gandum, dan cokelat.

Makanan yang mudah dicari, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru