oleh

Wanita Lebih Sering Makan Sembarangan Ketimbang Pria Selama Pandemi

Kabar6-Tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan fisik, pandemi COVID-19 juga berpengaruh pada kesehatan mental. Stres akibat mewabahnya virus Corona ini menjadi hal yang banyak dialami masyarakat global.

Stres karena pandemi COVID-19 itu memunculkan tren baru yaitu membuat kaum hawa lebih sering makan sembarangan dibanding pria. Hal ini terjadi karena wanita mengalihkan rasa stresnya ke makanan, dan tidak mengontrol kandungan dalam makanan yang dikonsumsi.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, melansir Okezone, mengungkapkan bahwa wanita lebih banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, sebagai cara mengatasi stres dampak pandemi COVID-19 dibandingkan pria. Makanan tinggi kalori yang dipilih kebanyakan sesuatu yang berlemak tinggi dan manis.

Studi tersebut menganalisis 31 warga New York yang terdiri dari 16 pria dan 15 wanita. Mereka dipantau selama 14 bulan sebelum dan selama pandemi berlangsung. Studi mencatat apa pun yang mereka makan. ** Baca juga: Ketahui Manfaat Vitamin D untuk Kulit

“Perubahan ini kemungkinan besar disebabkan keadaan seputar COVID-19, termasuk tinggal lama di rumah saja, kecemasan tentang paparan virus, bahkan ketakutan akan kekurangan makanan,” terang Allan Geliebter, psikologi dan ahli mekanisme asupan makanan di Departemen Psikiatri di Icahn School of Medicine.

Geliebter mengingatkan para wanita untuk berhati-hati dalam memilih asupan kalori, karena ketika kebiasaan ini makin sulit dikontrol, risiko penyakit kardiovaskuler akan meningkat.

“Sebaiknya hindari menyimpan makanan berkalori tinggi di rumah dan mempertimbangkan untuk terlibat dalam aktivitas penghilang stres. Jadi ketika stres muncul, tidak mengalihkannya ke makan,” tambah Geliebter.

Studi ini diklaim menjadi yang pertama menganalisis asupan makanan terperinci selama terjadinya pandemi COVID-19 secara global.(ilj/bbs)

Berita Terbaru